5 Amalan Untuk Wanita Menstruasi Saat Bulan Ramadan, Wanita Harus Tahu !

Amalan bagi wanita Haid, Saat Ramadan
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA Bandung - Apabila seorang perempuan disaat berpuasa kemudia mengalami menstruasi. Maka, Wanita tersebut tidak boleh melaksanakan puasa, karena hal tersebut merupakan syarat orang berpuasa.

Kapan Puasa Syawal Dilaksanakan? Begini Anjuran dan Keutamaannya

Meski tidak bisa berpuasa, wanita haid tetap bisa melakukan berbagai amalan lainnya. Merangkum karya Himatu Mardiah Rosana dalam buku Ibadah Penuh Berkah Saat Haid dan Pasca Melahirkan dan buku Doa dan Amalan Khusus Saat Haid.

Bagi wanita yang masuk di bulan Ramadan dalam keadaan haid atau sempat menjalankan puasa di bulan Ramadan lalu kemudian haid, tidak perlu bersedih karena haidnya.

Doa Akhir Ramadhan dan Artinya Beserta Amalan-amalan Sunah yang Dianjurkan

Hal tersebut dikarenakan haid merupakan perkara yang sudah menjadi ketetapan Allah SWT bagi para wanita. Sebaiknya para perempuan memlakukan hal berikut agar tetap mendapatkan pahala.

5 Amalan bagi wanita yang sedang Haid saat Berpuasa

Bukan H-7 atau H-3 Lebaran, Ini Waktu Terbaik Serahkan Zakat Fitrah Kata Ustaz Firanda Andirja

1. Menimba Ilmu untuk Meraih Ketaatan yang Lebih Tinggi kepada Allah swt Mencari ilmu termasuk amalan lain yang bisa dilakukan oleh wanita haid di bulan Ramadan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mendatangi majelis ilmu maupun mempelajari isi dalam buku.

2. Beramar Ma'ruf Nahi Munkar Amalan yang selanjutnya ialah, para wanita haid dapat mendorong sesamanya untuk berbuat kebaikan dan menjauhi kemaksiatan. Oleh karena itu, apabila wanita yang sedang haid membangunkan orang lain untuk sahur dan berpuasa maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang sahur dan berpuasa.

Halaman Selanjutnya
img_title