Jadi Ponpes Terbesar di Asia Tenggara, Ini Rincian Biaya Masuk Ponpes Al Zaytun

Ponpes Al Zaytun Indramayu
Sumber :
  • Wikipedia

VIVA Bandung – Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun Indramayu yang kerap menuai kontroversi belakangan ini ternyata pernah menjadi pondok pesantren terbesar di Asia Tenggara

Posisi Indonesia Hebat, Ini 5 Angkatan Laut dengan Armada Terbanyak di Asia Tenggara

Hal itu disebutkan oleh media Washington Time pada tahun 2005 silam. Media itu mengatakan bahwa Ponpes Al Zaytun merupakan Pesantren Terbesar se Asia Tenggara.

Ponpes Al Zaytun juga pernah mencampuradukkan barisan sholat Idul Fitri antara perempuan dan laki-laki. Terbaru, ponpes besutan Panji Gumilang itu diduga memperbolehkan santri berzina karana dosanya bisa ditebus dengan uang.

Hukum Warteg yang Jual Makanan di Siang Hari Selama Ramadhan, Kata Buya Yahya

Terlepas dari kontroversi itu, Ponpes Al Zaytun memiliki biaya masuk yang yang harus dibayarkan oleh setiap santri. Uniknya, untuk membayar biaya pendidikan di sana bisa menggunakan mata uang USD atau dolar. 

Biaya masuk yang terletak di Desa Mekarjaya Kecamatan Gantar ini termasuk biaya perlengkapan tidur, perlengkapan makan, listrik 1 tahun, perawatan asrama 1 tahun, kursi, jemuran 3 tahun, seragam MI, dan pembuatan BIT. 

Panji Gumilang Dijatuhi 1 Tahun Penjara, PN Indramayu Amankan Beberapa Bukti

Selain itu, biaya tersebut juga sudah mencakup kegiatan untuk para santri seperti ekstrakurikuler olahraga dan seni 1 tahun, kegiatan organisasi santri 1 tahun, administrasi, notaris, test antigen 2 orang, sewa bus, dan buku paket.

Berikut Rincian Biaya Pendaftaran Ponpes Al Zaytun:

Halaman Selanjutnya
img_title