MUI Bakal Investigasi Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang: Hanya Ulama, Bukan Tuhan

Pengasuh Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA Bandung – Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun Indramayu dikabarkan akan diinvestigasi langsung oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) karena buntut dari ajaran-ajaran yang dinilai kontroversi. Kini, MUI telah membentuk tim khusus untuk datang ke pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang.

Anak Pendeta Gilbert Minta Jemaat Transfer Uang, Warganet Soroti Gaya Hidup dan Sumber Penghasilan

Hal itu disampaikan oleh Ketua Bidang Pengkajian dan Penelitian, Prof Utang Ranuwijaya. Ia menyebut bahwa MUI sudah bersurat secara resmi ke Ponpes Al Zaytun.

"Peneliti sekarang sedang menyiapkan diri untuk turun ke lapangan, kelihatannya pekan depan lah akan turun ke lapangan," kata Prof. Utang Ranuwijaya dilansir dari unggahan video akun TikTok @herrypatoeng, Sabtu (10/6/2023).

MUI Harap Momen Idul Fitri 1445 H Bisa Jadi Titik Rekonsiliasi Pasca Pemilu 2024

Mengetahui akan adanya investigasi, Panji Gumilang kemudian merasa tidak takut dengan ancaman tersebut dan seakan menantang MUI untuk membuktikan ajaran di Ponpes Al Zaytun. 

"Terserah mau difatwai MUI haram, makruh maupun halal," ungkapnya dalam video yang beredar di akun TikTok @herrypatoeng.

Tetapkan Idul Fitri Lebih Awal, MUI Sebut Praktik Jemaah Aolia Tidak Sesuai Syariat Islam

Ponpes Al-Zaytun

Photo :
  • -

Tak hanya itu, Panji Gumilang juga mengeluarkan perkataan bahwa MUI tidak ada hak mengeluarkan fatwa apapun. Menurut Panji, MUI bukan Tuhan, Nabi, atau bahkan bukan Rasul yang bisa mengeluarkan fatwa sendiri. 

Halaman Selanjutnya
img_title