Panji Gumilang Pernah Menggelar Acara Natal di Masjid Al-Zaytun, Begini Respons Polisi Setempat

Ponpes Al-Zaytun
Sumber :

Viva Bandung – Pondok Pesantren Al-Zaytun Indramayu tidak habis-habis menuai kontroversi. Setelah sempat heboh santri yang diperbolehkan berzina, juga sempat mengutip ayat Alkitab dalam khutbah jumat.

Panji Gumilang Dijatuhi 1 Tahun Penjara, PN Indramayu Amankan Beberapa Bukti

kini, pimpinan ponpes Al-Zaytun  itu mengatakan bahwa dirinya sempat menggelar perayaan Natal di Masjid Al-Zaytun Indramayu. Kabar ini diungkap oleh Panji Gumilang ketika menggelar khutbah di Masjid Rahmatan lil Alamin, Indramayu.

Dalam sebuah video yang diunggah oleh akun TikTok @pim_plan@, memperlihatkan bagaimana pimpinan Ponpes Al Zaytun itu dengan tegas dirinya mengizinkan untuk umat Nasrani menggelar Natal di Ma’had Al Zaytun Indramayu. 

Tok! PN Indramayu Vonis Panji Gumilang Satu Tahun Penjara

“Tahun berapa yang ada kawan-kawan kita dari Nasrani minta perlindungan kemudian minta mengadakan Natalan di sini (Ponpes Al Zaytun). Kurang lebih tahun 2010 karena di Jakarta sedang rawan,” ungkap Panji Gumilang dalam khutbahnya dilansir pada Selasa, 13 Juni 2023. 

Tidak hanya mengizinkan perayaan natal di kawasan pesantren, Panji Gumilang juga mengizinkan untuk merayakan hari besar umat Kristiani itu di dalam masjid Rahmatan lil Alamin.

Resmi Dipenjara, Panji Gumilang Divonis Satu Tahun

“Datanglah kawan kita (umat Nasrani) ‘bisakah kami mengadakan Natalan di Al Zaytun?’. Oh boleh-boleh, mau pakai masjid? Oh ndak karena jam 11 kami harus udah keluar. Ini bisa yang agak lama. Oh ada tempat,” ungkapnya menirukan permintaan dari umat Nasrani tersebut. 

Panji Gumilang juga mengaku bahwa pihaknya mendatangi polres setempat untuk meminta izin menggelar acara natal. Awalnya, polisi sempat melarang, karena Jakarta sedang tidak kondusif dan bisa menimbulkan konflik.

Halaman Selanjutnya
img_title