Capres yang Datang ke Madura Wajib Tandatangani Kontrak Politik Provinsi Baru

Jembatan Suramadu (Surabaya-Madura)
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Bandung – Wacana pemekaran Madura menjadi provinsi kembali mencuat. Hal itu digaungkan oleh sejumlah tokoh Madura saat melakukan pertemuan serta kajian tentang masa depan pulau garam untuk pisah dari provinsi Jawa Timur, dalam Panitia Pembentukan Persiapan Provinsi Madura di jalan Moh. Noer Bangkalan pada Selasa, 13 Juni 2023 kemarin.

Tak Hanya Tantang Hercules, Abah Jawara Garut Siap Mati Bela Negara

Budayawan dan Pengamat Politik, Eros Djarot mengatakan, Madura memiliki sumber daya alam yang mampu dan layak untuk menjadi provinsi sendiri. Adanya jembatan Suramadu merupakan upaya untuk percepatan ekonomi di pulau garam tersebut.

"Setelah kami pelajari Secara seksana, tidak ada alasan, Madura untuk jadi provinsi sendiri, karena segalanya ada di Madura," kata Eros Djarot dalam sebuah diskusi di Madura dikutip dari VIVA, Kamis (15/6/2023).

Tegang! 3 Capres Lakukan Persiapan Matang Jelang Debat Terakhir, Ada yang Was-was

Provinsi Madura akan terbentuk apabila telah melakukan pengembangan wilayah dengan membentuk kota dan kabupaten hingga menjadi lima. Eros menyebut, empat kabupaten di pulau garam sudah siap untuk dipisah.

"Kalau alasan keharusan pengembangan Kabupaten-kota menjadi lima kabupaten Bangkalan dan Sampang, Kabupaten Pamekasan, sudah siap untuk dipecah," ujarnya.

Kartika Putri Unggah Video Klarifikasi, Usai Dihujat Singgung Soal Mengaji

Eros juga mengatakan, meksipun telah berupaya untuk mendorong agar Madura menjadi Provinsi sendiri, namun seolah tak berjalan mulus dan terkesan hanya jalan di tempat. 

"Inikan banyak yang berkepentingan, untuk selalu orang Madura hidupnya ketergantungan kepada orang-orang yang sedang bermain. Saya tidak mau menyebutkan satu persatu, namun berdasarkan kajian yang berbeda, memang ada pihak-pihak yang tidak menginginkan Madura jadi provinsi sendiri," tuturya.

Halaman Selanjutnya
img_title