Berulah Lagi, Pendiri Ponpes Al Zaytun Samakan Tahlil dangan Haleluya

Pimpinan Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang dan
Sumber :
  • YouTube Al Zaytun Official

VIVA Bandung – Pendiri sekaligus Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang kembali berulah. Ia menyebut bahwa 'Haleluya' dan 'Tahlilan' adalah hal yang sama. Pernyataan Panji tersebut diketahui dalam sebuah video yang diunggah oleh akun TikTok @herrypatoeng.

Sering Dianggap Sama, Ternyata Ini Beda antara Muhammadiyah dan Salafi

Dalam video itu, Panji Gumilang mengaku bahwa dirinya tidak setuju apabila ucapan dan nyanyian Haleluya itu hanya dimiliki oleh penganut agama Nasrani atau Kristen

"Haleluya itu jangan dianggap milik Nasrani. Merupakan milik umat Indonesia yang punya Tuhan," kata Panji Gumilang seperti dikutip VIVA Bandung pada Kamis (15/6/2023).

Ramai Perdebatan Soal Musik, Ternyata Begini Hukumnya dalam Islam

Panji Gumilang menegaskan, Haleluya memiliki arti besarkan Tuhan. Di Indonesia berpedoman pada asas ketuhanan yang maha esa. Sehingga, kata Panji, ucapan dan nyanyian tersebut sama dengan tahlil yang dilakukan oleh umat Islam di Indonesia. 

Sontak netizen yang melihat unggahan itu tampak geram dengan ucapan dari pimpinan Ponpes Al Zaytun Indramayu tersebut. Tidak sedikit dari mereka yang meminta kepada pihak setempat untuk tegas menyatakan bahwa ajaran Panji Gumilang itu menyimpang. 

Gelar Pengajian, Rizky Febian Berencana Ajak Mahalini Masuk Islam Sebelum Menikah

Panji Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang

Photo :
  • YouTube Al-Zaytun Official

“Sama sih sama, tpi bukannya tetep harus ada batasannya mbah? klau smua dbuat sprti itu bukannya jadi campur aduk mbah??” tulis salah satu netizen. 

Halaman Selanjutnya
img_title