Terungkap Alasan Panji Gumilang Sebut 'Haleluya' dan Tahlilan Miliki Arti Sama

Pimpinan Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang dan
Sumber :
  • YouTube Al Zaytun Official

Viva BandungPanji Gumilang menyatakan bHwa "Haleluya" dan "Tahlilan" adalah kata yang sama. Pernyataan Panji Gumilang terekam dalam video yang diunggah oleh @herrypatoeng dari TikTok.

Panji Gumilang Dijatuhi 1 Tahun Penjara, PN Indramayu Amankan Beberapa Bukti

Panji Gumilang mengatakan dalam video tersebut bahwa dia tidak setuju apabila ucapan dan nyanyian 'Haleluya' hanya digunakan oleh orang Nasrani atau Kristen. 

Haleluya memiliki arti besarkan Tuhan, menurut Panji Gumilang. Menurut Panji, karena negara Indonesia didasarkan pada asas ketuhanan yang Maha Esa, ucapan dan nyanyian ini mirip dengan tahlil yang dilakukan oleh umat Islam di Indonesia. 

Tok! PN Indramayu Vonis Panji Gumilang Satu Tahun Penjara

Dia menyatakan bahwa setiap orang Indonesia yang memiliki Tuhan, termasuk orang Islam, juga memiliki ucapan dan nyanyian Haleluya.

"Haleluya itu jangan dianggap milik Nasrani. Merupakan milik umat Indonesia yang punya Tuhan," kata Panji Gumilang seperti dikutip dari akun TikTok @herrypatoeng, Kamis (15/6/2023).

Resmi Dipenjara, Panji Gumilang Divonis Satu Tahun

Sontak saja, banyak netizen meninggalkan komentar setelah melihat unggahan iu. Tidak sedikit orang yang meminta pemerintah setempat untuk menyatakan secara tegas bahwa ajaran Panji Gumilang menyimpang. 

Pemimpin Ponpes Al Zaytun juga ditanya tentang agamanya oleh netizen.

Halaman Selanjutnya
img_title