NU Jabar Haramkan Lagu 'Havenu Shalom Alaechim' yang Dinyanyikan Santri Al-Zaytun

Ponpes Al Zaytun Indramayu
Sumber :
  • Wikipedia

VIVA Bandung – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat melalui Lembaga Bahtsul Masail (LBM) mengharamkan menyanyikan lagu 'Havenu Shalom Alachem' yang dinyanyikan oleh santri Al-Zaytun Indramayu dan viral di media sosial.

Ramai Perdebatan Soal Musik, Ternyata Begini Hukumnya dalam Islam

Diketahui, keputusan haram tersebut adalah salah satu poin hasil Bahtsul Masail PWNU Jawa Barat terkait polemik di Ponpes Al-Zaytun.

"Hasil keputusan LBM NU Jawa Barat menegaskan, hukum menyanyikan lagu tersebut haram," bunyi salah satu poin hasil Bahtsul Masail PWNU Jabar yang dikutip di laman resmi NU Jabar, Senin (19/6/2023).

Stevie Agnecya Meninggal Dunia Karena Santet? Ustaz Abdul Somad Ungkap Fakta Mengejutkan

LBM NU Jabar menegaskan, secara historis lirik tersebut kental dengan agama Yahudi, baik dari segi kemunculan dan penggunaannya. Karenanya, LBM NU Jabar beralasan lagu tersebut menyerupai dan mensyiarkan tradisi agama lain.

"Mengajarkan doktrin yang dapat berpotensi hilangnya konstitusi syariat perihal fikih "mengucapkan salam" kepada nonmuslim," sambung isi salah satu poin hasil Bahtsul Masail PWNU Jabar.

Panji Gumilang Dijatuhi 1 Tahun Penjara, PN Indramayu Amankan Beberapa Bukti

Ponpes Al Zaytun Indramayu

Photo :
  • VIVA.co.id

Diketahui, lagu ini viral di media sosial lantaran diduga dinyanyikan oleh pengikut dan santri Al-Zaytun. Bahkan, salam ini sempat di lontarkan oleh pemimpin Al Zaytun Panji Gumilang.

Halaman Selanjutnya
img_title