Kontroversi Lagi, Kali Ini Panji Gumilang Meragukan Nabi Adam sebagai Manusia Pertama

Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang
Sumber :
  • Istimewa

Viva Bandung – Panji Gumilang, pimpinan pesantren Al-Zaytun Indramayu, tidak henti-hentinya membuat kontroversi. Lagi-lagi pidato lama Panji Gumilang kembali viral di media sosial. Dalam video tersebut, pimpinan ponpes Al-Zaytun itu menyatakan keraguannya atas kebenaran Nabi Adam sebagai manusia pertama.

Panji Gumilang Dijatuhi 1 Tahun Penjara, PN Indramayu Amankan Beberapa Bukti

Ungkapan Panji Gumilang mengenai Nabi Adam AS tersebut diunggah oleh sejumlah akun di media sosial. Video tersebut salah satunya diunggah oleh pemilik akun TikTok @herypatoeng. Unggahan tersebut sudah ditonton lebih dari 2.5 juta pengguna. 

"Saudara-saudara, Adam yang sering kita katakan bahwa manusia pertama, bisa jadi betul, juga bisa jadi meleset," ungkap Panji Gumilang.

Tok! PN Indramayu Vonis Panji Gumilang Satu Tahun Penjara

Pimpinan Ponpes Al-Zaytun itu juga mengatakan bahwa Nabi Adam diciptakan dari tanah atau debu. Hal ini sudah tertulis dalam Alkitab perjanjian lama, perjanjian baru, dan perjanjian masa kini.

"Di dalam Alkitab menceritakan bahwa Adam diciptakan dengan debu atau tanah. Kemudian, terciptalah makhluk yang diberi nama Adam itu," terangnya.

Resmi Dipenjara, Panji Gumilang Divonis Satu Tahun

Dari pernyataan itu, dapat dipastikan bahwa Panji Gumilang tidak meyakini bahwa Adam adalah sosok manusia pertama yang sudah diciptakan Allah. Padahal, dalam Alquran, Allah berfirman mengenai hal ini.

"Sesungguhnya perumpamaan (penciptaan) Isa bagi Allah, seperti (penciptaan) Adam. Dia menciptakannya dari tanah, kemudian Dia berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu," (QS. Ali Imran: 59).

Halaman Selanjutnya
img_title