Soal Kontroversi Panji Gumilang dan Al Zaytun, KH. Hasib Wahab: Alirannya Bukan Aswaja

KH Hasib Wahab
Sumber :

Viva Bandung – Putra pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Abdul Wahab Chasbullah, KH Hasib Wahab turut berbicara tentang kontroversi Pesantren Al Zaytun, yang dianggap menyimpang karena tindakan pimpinannya, Panji Gumilang.

Hukum Warteg yang Jual Makanan di Siang Hari Selama Ramadhan, Kata Buya Yahya

Menurut Kiai Hasib, keyakinan keagamaan dan kebangsaan Pesantren Al Zaytun berbeda dengan keyakinan Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) yang dipegang oleh mayoritas umat Islam di Indonesia.

“Dilihat dari latar belakang pemikirannya  itu kan memang suatu pengejawantahan daripada kelanjutan negara Islam (NII). Jadi otomatis alirannya beda dengan Aswaja yang moderat,” ujar Kiai Hasib kepada wartawan di Kantor PBNU, Jumat, 23 Juni 2023. 

Panji Gumilang Dijatuhi 1 Tahun Penjara, PN Indramayu Amankan Beberapa Bukti

Panji Gumilang

Photo :
  • -

Menurutnya, apa yang disampaikan Panji Gumilang terkait ideologi Pancasila hanyalah kamuflase belaka. Pesantren Al Zaytun, kata dia, patut diduga sebagai salah satu pusat gerakan Negara Islam Indonesia (NII) yang dikenal radikal.

Tak Hanya Divonis 1 Tahun, Panji Gumilang Harus Bayar Biaya Perkara

“Pancasilanya itu merupakan suatu kamuflase. Tapi niat pertamanya itu yaitu, supaya membentuk suatu generasi penerus yang Wahabilah, dalam arti paham yang keras,” kata dia

Menurut Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang ini, pada masa lalu Al Zaytun sangat kuat karena dilindungi oleh pemerintah Orde Baru, tetapi masyarakat sekarang lebih cerdas.

Halaman Selanjutnya
img_title