Pengakuan Gus Yahya soal Keberangkatannya ke Israel Tahun 2018: Atas Nama Pribadi

Ketua Umum PBNU K.H Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya)
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Bandung - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya tidak menampik dirinya juga pernah berkunjung ke Israel pada tahun 2018 silam.

Selain Zoom, Tiga Aplikasi Ini Direkomendasikan Untuk Webinar dan Rapat Online

Namun, ia menegaskan jika kunjungannya saat itu ke Israel atas nama pribadi dan tidak serta merta membawa nama organisasi NU

"Saya juga ke Israel atas nama pribadi. Dan, saya mempertanggungjawabkannya secara pribadi. Kalau saya waktu ke sana saya tidak pernah menyebut NU," kata Gus Yahya dalam konferensi pers di Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Selasa, 16 Juli 2024. 

Rombongan Kiai NU dan Banser Dihadang OTK di Karawang, Pelaku Teriak Mencari Kiai Imad

Selain itu, Gus Yahya mengatakan jika Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur juga pernah mengunjungi Israel.

Namun, kata Gus Yahya, sebelum keberangkatannya ke Israel, Gus Dur terlebih dahulu melakukan konsolidasi dengan Kiai-kiai NU. 

Dikenal Lebih Berani dari Haniyeh, Ini Rekam Jejak Politik Pemimpin Baru Hamas Yahya Sinwar

“Kecuali Gus Dur yang saya katakan sebagai guru saya dan inspirator saya. Tapi, sesuatunya saya pertanggungjawaban secara pribadi,” ujar Gus Yahya.

Sama halnya seperti Gus Dur, Gus Yahya mengaku jika dirinya sebelum berangkat ke Israel terlebih dahulu izin ke Kiai-kiai NU.

Halaman Selanjutnya
img_title