KH. Hasib Wahab Ungkap Modus Panji Gumilang dibalik Ponpes Al Zaytun: Ingin Bangun Islam yang….

KH Hasib Wahab
Sumber :

Viva Bandung –Soal Panji Gumilang masih selalu hangat diperbincangkan karena kerap memunculkan ideologi diluar ajaran islam. Bahkan, KH. Hasib Wahab, putra pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Abdul Wahab Chasbullah, ikut bicara terkait ideologi pemimpin Ponpes Al Zaytun yang dianggap menyimpang dan kontroversi.

Sering Dianggap Sama, Ternyata Ini Beda antara Muhammadiyah dan Salafi

Menurut Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang ini, pada masa lalu Al Zaytun sangat kuat karena dilindungi oleh pemerintah Orde Baru, tetapi masyarakat sekarang lebih cerdas.

Kiai Hasib mengatakan bahwa Panji Gumilang sebenarnya ingin mendirikan negara Islam di balik kamuflase Al Zaytun. Oleh karena itu, dia mengatakan bahwa pemerintah harus segera menyelidiki Pesantren Al Zaytun dan membatasi penyebaran.

Hukum Warteg yang Jual Makanan di Siang Hari Selama Ramadhan, Kata Buya Yahya

Panji Gumilang

Photo :
  • -

“Jadi analisa saya, bagaimanapun dia ingin mendirikan negara Islam,. Karena itu harus diinvestigasi. Kalau sudah tahu begitu, pemerintah harus tegas,” pungkasnya

Panji Gumilang Dijatuhi 1 Tahun Penjara, PN Indramayu Amankan Beberapa Bukti

Kiai Hasib menyatakan bahwa keyakinan keagamaan dan kebangsaan Pesantren Al Zaytun sangat jauh berbeda dengan keyakinan Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) yang dianut oleh mayoritas umat Islam di Indonesia.

“Dilihat dari latar belakang pemikirannya  itu kan memang suatu pengejawantahan daripada kelanjutan negara Islam (NII). Jadi otomatis alirannya beda dengan Aswaja yang moderat,” ujar Kiai Hasib kepada wartawan di Kantor PBNU, Jumat, 23 Juni 2023. 

Halaman Selanjutnya
img_title