Penjelasan Panji Gumilang Mengenai Larangan Naik Haji

Ponpes Al Zaytun Indramayu
Sumber :
  • Wikipedia

Viva Bandung – Panji Gumilang, pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun, menjelaskan pernyataannya mengenai Tanah Suci ada di Indonesia. Dia hanya mengatakan pada anak didiknya di pesantren bahwa pahamilah Indonesia sebagai Tanah Suci, bukan melarang pergi naik haji.

Usai Unggah Foto Starbucks di Mekkah, Zita Anjani Malah Tantang Balik Masyarakat Soal Ini

"Jadi narasinya bukan begitu, saya menyampaikan pada anak didik, pahamilah negaramu adalah sebagai tanah suci," kata Panji dikutip dari program Kick Andy, Rabu, 28 Juni 2023.

Panji juga menganggap bahwa kata "Tanah Suci" yang dimaksud itu, adalah bukan yang ada di Mekkah. Tetapi kumpulan tanah suci yang ada di negara Timur Tengah.

Liga Muslim Dunia Tulis Sepucuk Surat Untuk Prabowo Soal Pilpres, Isinya Tak Terduga

"Mengambil kumpulan tanah suci yang ada di Timur Tengah. Baitul Maqdis, tanah suci. Madinah adalah tanah yang bersinar, Indonesia adalah tanah berseri. Ini namanya tanah suci," kata Panji.

"Ini supaya tertanam bahwa kita ini mempunyai negara yang dikatakan tanah suci, tanah sakti, tanah berseri," sambungnya. 

Panji Gumilang Dijatuhi 1 Tahun Penjara, PN Indramayu Amankan Beberapa Bukti

Panji juga bermaksud memberi pengertian kepada orang-orang yang ingin wafat di tanah suci, Mekkah. Padahal, di Indonesia sendiri juga merupakan tanah suci.

"Kemudian ingin mati di tanah suci (Mekkah), tapi tidak mengerti Indonesia ini tanah suci. Saya mau memberi pengertian seperti itu, bukan melarang naik haji," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title