Jawaban Panji Gumilang Atas Tuduhan yang Mengatakan Dirinya Komunis

Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang
Sumber :
  • Istimewa

Viva Bandung – Pondok Pesantren Al-Zaytun tengah menjadi sorotan karena berbagai kontroversi, terutama dari pimpinannya, Panji Gumilang. Masyarakat menganggap ajaran di ponpes ini menyimpang dari ajaran Islam.

MUI Harap Momen Idul Fitri 1445 H Bisa Jadi Titik Rekonsiliasi Pasca Pemilu 2024

Panji Gumilang pun merasa heran karena dirinya dituduh sebagai komunis oleh MUI. Tuduhan tersebut hanya berdasarkan pada media sosial TikTok.

"Saya juga tidak tahu (dituduh komunis). Saya pahami, oh ini ternyata dari TikTok. Saya memang mengatakan (komunis), tapi ada proses mengatakan itu," ujar Panji dikutip dari program Kick Andy, Rabu, 28 Juni 2023.

Tetapkan Idul Fitri Lebih Awal, MUI Sebut Praktik Jemaah Aolia Tidak Sesuai Syariat Islam

Panji mengeklaim bahwa dirinya adalah pengusaha. Dia sering melakukan transaksi impor barang dari negara China.

"Saya kecil-kecil juga pengusaha, karena di Indonesia tidak ada barangnya, kemudian saya sering impor ke negeri China," ucapnya.

Daftar Film Indonesia yang Disarankan Diboikot karena Diduga Menyesatkan

Setelah impor barang, direktur utama dari perusahaan yang diimpor oleh Panji Gumilang datang ke Indonesia. Dia mengaku bertemu dengan direktur utama tersebut.

"Kemudian sekian bulan lamanya, direktur utama mereka mengecek. Datang ke tempat kita, setelah itu ngobrol, nah ini kelemahan saya kok saya nanya agama. Tapi saya ingin tahu, saya meneliti China kok bisa maju cepat," ucap dia. 

Halaman Selanjutnya
img_title