Puluhan Warga di Surabaya Keracunan Usai Makan Olahan Daging Kurban

Keracunan Massal
Sumber :

Viva Bandung – Ada lebih dari sepuluh orang dilaporkan mengalami keracunan setelah menyantap makanan olahan daging kurban di Kalilom Lor Indah Seruni II, Kali Kedinding, Kecamatan Kenjeran, Surabaya pada Jumat, 30 Juni 2023. Mereka langsung dilarikan dan dirawat di pusat kesehatan masyarakat setempat.

Kepala Sekolah Buka Suara Soal Siswanya yang Buta Gegara Tusuk Sate

Sami'is, salah satu korban keracunan tersebut mengatakan bahwa seperti tahun-tahun sebelumnya, warga dapat melaksanakan acara makan bersama dalam perayaan Iduladha. Bahan utamanya adalah daging kurban yang diolah menjadi sate, gulai, dan krengsengan.

Biasanya tidak ada maslaah. Wargga menikmati tradisi tersebut tanpa mengalami masalah kesehatan apa pun.

Resep Jus Sirsak untuk Cegah Darah Tinggi Setelah Makan Daging Kambing

"Baru kali ini kena musibah. Ada tiga menu yang dimasak, sate, gule sama krengsengan. Harusnya empat menu, tapi kikilnya belum dimasak," katanya kepada wartawan, Sabtu, 1 Juli 2023.

Dia juga menuturkan bahwa awalnya, warga menikmati makanan dengan aman. Kemudian ada jeda beberapa jam menanti makanan lain yang belum selesai dimasak.

Resep Tengkleng Kambing yang Cocok untuk Menu Iduladha

"Tiba-tiba banyak yang mengeluhkan pusing dan mual. Anak dan istri saya termasuk korbannya dan sekarang dirawat di sini (Puskesmas Tanah Kali Kedinding)," ujar Sami'is.

Menurutnya, saat itu ada sekira 50-60 orang yang diduga mengalami keracunan massal. Mereka ada yang dibawa ke Puskesmas, ada pula yang dilarikan ke rumah sakit terdekat. Namun, keterangan dari pihak kecamatan menyebutkan korban keracunan massal hanya belasan orang.

Halaman Selanjutnya
img_title