Kebakaran yang Disebabkan oleh Flare saat Prewedding Menjadi yang Terparah dalam Sejarah Kawasan Bro

Gunung Bromo
Sumber :

Viva Bandung – Kebakaran di kawasan Gunung Bromo saat ini dianggap sebagai yang paling parah dalam sejarah Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS). Kawasan Bromo Tengger Semeru menjadi taman nasional yang ditetapkan berdasarkan Berita Acara Pemeriksaaan Batas Hutan pada 22 September 1986 lalu.

Kebakaran Bromo, Bintang Emon Sentil Pasangan Prewedding: Salahin...

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan mengatakan, secara visual, kebakaran ini adalah yang terparah sejak 2019 silam. Terakhir kali terjadi kebakaran cukup besar terjadi pada 2019 lalu.  

Saat itu kebakaran melahap hampir semua padang savana atau area yang tumbuh rumput ilalang di Gunung Bromo. Kebakaran pada 2019 lalu dianggap yang terparah. Namun, jika melihat kondisi di 2023 ini, maka kebakaran saat ini lebih besar dibanding 2019 lalu. 

Bintang Emon Nyinyir Pasangan Prewedding Kebakaran Bromo: Dasar...

"Kalau kita melihat visualnya dibandingkan 2019 sepertinya ini lebih parah. Karena ini sudah melintasi. Sudah sampai Puncak Kayangan yang berada di perbatasan Malang-Pasuruan," kata Sadono, Selasa, 12 September 2023.

"Ini kan hampir semua Kabupaten Malang Pasuruan dan Probolinggo semuanya kena (terbakar). Kalau yang 2019 itu hanya daerah di bukit Teletubbies itu saja yang terbakar," ujar Sadono.  

Kebakaran Bromo, Manajer Wedding Organizer Jadi Tersangka, Calon Pengantin Wajib Lapor

Salah satu yang membuat api cepat menyambar ke kawasan lain karena angin di kawasan Gunung Bromo cukup kencang. Bahkan beberapa kali ditemukan angin puting beliung yang membuat api semakin berkobar. 

"Di Bromo saat musim kemarau itu anginnya kencang, sesekali muncul puting beliung kecil-kecil. Iya betul (angin jadi faktor api cepat menyebar). Karena sebetulnya walaupun tidak ada puting beliung angin kencang di situ (Bromo)," kata Sadono.

Halaman Selanjutnya
img_title