Anies Baswedan Jadi Bacapres Termiskin: Saya Masih Kredit Rumah Sampai Sekarang

Anies Baswedan
Sumber :
  • Mata Najwa

VIVA Bandung – Bakal Calon Presiden (Bacapres) dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan mengaku kemungkinan dia menjadi Bacapres memiliki harta kekayaan paling kecil. Hal itu disampaikannya saat menghadiri acara dialog bertajuk "3 Bacapres Bicara Gagasan" yang digelar di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Selasa (19/9/2023). 

Pasca Putusan MK, Gibran Ucapkan Terimkasih ke Anies dan Ganjar Soal Ini

Sebelum itu, Anies ditanya oleh pemandu acara Najwa Shihab terkait biaya safari politik usai dideklarasikan Nasdem sebagai bakal capres sejak Oktober 2022.

"Saya menjadi calon presiden tidak pernah mendaftar, tidak pernah mengajukan diri. Saya diajukan oleh Partai Nasdem pertama kali, partai yang dulu beroposisi ketika di Jakarta," kata Anies ke Najwa Shihab.

Kata Surya Paloh Usai MK Tolak Seluruh Gugatan AMIN

Menurutnya, Nasdem melakukan proses politik yang kemudian mencalonkan dirinya sebagai bacapres. Kata dia, setelah Nasdem, ada PKS dan Demokrat yang mendukungnya. Untuk Demokrat, sudah menyatakan keluar dari koalisi. Lalu, ada PKB yang saat ini jadi bagian mendukungnya.

"Jadi, gerakan yang kami dorong dilakukan ramai-ramai, banyak yang membantu. Mayoritas bantuannya tidak dalam bentuk rupiah, kami dipinjamin rumah, dipinjamin kendaraan," lanjutnya.

Hotman Paris Sebut Gugatan Pilpres Kubu 01 Paling Ngambang: Digugat Apa, yang Dibahas Bansos

Kemudian, kata Anies, ada staf yang bekerja sama selama ini adalah mereka yang dibayar oleh perusahaan-perusahaan yang membantunya.

Penjelasan Anies itu sempat dipotong Najwa Shihab. Dia bertanya lebih dalam lagi soal budget rupiah yang dihabiskan Anies. Najwa sempat menyinggung pernyataan bakal cawapres Anies yaitu Muhaimin Iskandar alias Cak Imin soal maju jadi caleg di DKI sudah menghabiskan sekitar Rp40 miliar.

Halaman Selanjutnya
img_title