Kritik Tajam Ketua LSF Soal Viralnya Film Dokumenter Jessica Wongso

Rommy Febri, Ketua Lembaga Sensor Film (LSF)
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Bandung - Rommy Febri, Ketua Lembaga Sensor Film (LSF) Republik Indonesia akhirnya angkat bicara terkait viralnya Film dokumenter Netflix yang berjudul 'Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso'.

Berkaca Pada Putri Ridwan Kamil, Begini Hukum Hijab dalam Islam Kata Ustadz Khalid Basalamah

Film tersebut mengisahkan soal cerita pembunuhan Mirna Salihin menggunakan racun sianida dengan tersangka Jessica Kumala Wongso.  

"Saya ikut memperhatikan komentar-komentar warga di media sosial. Mereka menyebut Jesica sampai divonis pun tak mengakui menaruh racun," kata Rommy saat dihubungi di Jakarta, Sabtu, 7 Oktober 2023.

Zara Anak Ridwan Kamil Pilih Lepas Hijab, Buya Yahya Tegaskan Hal Ini: Haram

Rommy Febri, Ketua Lembaga Sensor Film (LSF)

Photo :
  • Viva.co.id

Menurut Rommy, sepanjang film tersebut bukan dokumenter, maka akan dianggap fiksi. Bahkan dalam film dokumenter pun narasumber yang dihadirkan bisa melihat dari sudut pandang masing-masing.

Zara Anak Ridwan Kamil Lepas Hijab, Begini Hukum Islam: Murtad?

"Maka dalam sebuah film, tak bisa dijadikan rujukan sebuah kasus. Film tak bisa langsung otomatis bertentangan dengan kasus hukum. Karena yang membuat adegan di dalam film dengan versi si pembuatnya," ujar Romny.

"Melihat film tak bisa langsung seperti fakta hukum, walaupun ada banyak footage gambar di persidangan. Karena footage persidangan itu terbuka, tetapi fakta hukumnya juga cerita tersendiri," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title