Ditunjuk Jadi Cawapres Ganjar, Ini Rekam Jejak Karier Politik Mahfud MD

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD
Sumber :
  • Viva.co.id

Bandung - Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarno Putri, setelah mempertimbangkan berbagai pertimbangan akhirnya memutuskan untuk memilih Mahfud MD sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) untuk mendampingi Ganjar Pranowo di perhelatan Pilpres tahun depan.

Ganjar Pranowo Deklarasi Jadi Oposisi, Sejalan dengan PDIP?

Hal itu disampaikan oleh Megawati di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP yang berada di jalan Diponegoro, Menteng Jakarta Pusat, Rabu, 18 Oktober 2023.

Penunjukan Mahfud MD sebagai Cawapres ini diumumkan tak lama setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mengeluarkan putusan soal batas usia capres-cawapres beberapa hari yang lalu. Dalam kesempatan itu hadir juga sejumlah elite PDIP dan sejumlah Ketua Umum Partai Pendukung Ganjar Pranowo.

Peneliti BRIN Sebut Oposisi akan Lemah di Pemerintahan Prabowo-Gibran, Tinggal PKS dan PDIP

Mahfud kini menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Menkominfo, setelah Kejagung menahan Johnny usai pemeriksaan di Rumah Tahanan Negara Salemba cabang Kejagung pada Rabu, 17 Mei 2023 lalu.

Hal itu disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan keterangan pers di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat, 19 Oktober 2023.

Habib Bahar Ungkap Hikmah Kemenangan Prabowo-Gibran: Akhirnya PDIP Nyungsep

Mahfud adalah seorang politikus dan akademisi yang lahir di Kabupaten Sampang, Pulau Madura, Provinsi Jawa Timur, pada 13 Mei 1957. Setelah menempuh pendidikan dasar hingga atas, Mahfud melanjutkan studi ke 2 perguruan tinggi, yakni jurusan Sastra Arab Universitas Gadjah Mada (UGM) dan jurusan Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia (UII).

Dia kemudian lulus sebagai sarjana S1 pada 1983. Setelah itu Mahfud mengabdi di almamaternya dan melanjutkan studi Pasca Sarjana Ilmu Politik di UGM. Setelah lulus S2, Mahfud kembali melanjutkan pendidikan Doktor dengan mengambil studi Hukum Tata Negara di UGM dan lulus pada 1993.

Halaman Selanjutnya
img_title