Anies Baswedan Gagal Jadi Pembicara di UGM, Panitia: Ada Pihak yang Menghalangi

Acara Diskusi Publik di UGM yang Harusnya Dihadiri Anies Baswedan
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Bandung Anies Baswedan batal menjadi pembicara diskusi di Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Jumat, 17 November 2023. Diskusi tersebut mengangkat tema 'Finding The Justice Governance Path for the Development of Indonesia: Jakarta Kota Kolaborasi as a Pioneer of Sharing City in Indonesia' yang digelar di Auditorium MM UGM.

Pasca Putusan MK, Gibran Ucapkan Terimkasih ke Anies dan Ganjar Soal Ini

Panitia acara mengklaim, pembatalan Anies sebagai pembicara dikarenakan adanya larangan dari pihak UGM. Larangan tersebut disertai ancaman akan membubarkan diskusi jika Anies tetap hadir. 

Anies Baswedan

Photo :
  • Mata Najwa
Kata Surya Paloh Usai MK Tolak Seluruh Gugatan AMIN

Public Affairs Bersama Indonesia, Muhammad Khalid, mengatakan bahwa acara tersebut telah direncanakan sejak dua minggu sebelumnya. Pihak panitia telah sepakat dengan Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (MM FEB) UGM untuk meminjam auditorium.

Pada H-2 acara, panitia menyebarkan selebaran acara yang berisi nama-nama pembicara, termasuk Anies Baswedan. Namun, H-1 acara, panitia menerima pesan dari pihak pengelola auditorium yang berisikan larangan untuk menghadirkan Anies sebagai pembicara.

Hotman Paris Sebut Gugatan Pilpres Kubu 01 Paling Ngambang: Digugat Apa, yang Dibahas Bansos

Pesan tersebut berisikan bahwa jika panitia tetap menghadirkan Anies, maka acara akan dibubarkan. Panitia acara pun sempat menjelaskan bahwa acara tersebut merupakan mimbar akademik dan bukan kampanye politik. Namun, penjelasan tersebut tidak mengubah keputusan pihak UGM.

"Ada redaksi bahwa apabila tetap memaksakan seperti itu akan ada yang menertibkan atau bahasa sederhananya dibubarkan," kata Khalid, Jumat 17 November 2023. 

Halaman Selanjutnya
img_title