Viral! Rocky Gerung Diinterupsi Walikota Makassar Usai Sebut Sulawesi Bukan NKRI

Rocky Gerung dan Ganjar Pranowo di acara sarasehan UNM
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Bandung - Pengamat politik Rocky Gerung mengatakan Pulau Sulawesi secara ekolog tidak termasuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal itu dia utarakan saat memberikan pertanyaan kritis terhadap capres Ganjar Pranowo pada acara Sarasehan Nasional Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Negeri Makassar (UNM) di Makassar, Sabtu, 18 November 2023. 

Real Count KPU Capai 66,61%, Suara Ganjar-Mahfud Naik Signifikan

"Saya mau lihat apa pengetahuan Pak Ganjar. Apa keunikan Pulau Sulawesi? Apakah Pulau Sulawesi bagian NKRI? Itu yang pertama, silahkan Pak Ganjar," tanya Rocky ke Ganjar. "Iya bagian dari NKRI, masa enggak?" jawab Ganjar.

Rupanya Rocky sudah menebak jawaban apa yang akan Ganjar ucapkan. Rocky mengatakan, jawaban Ganjar memang tepat, namun dirinya berharap jawaban lebih terkait pertanyaannya tersebut. 

Suara Kandang Banteng Dikuasai Prabowo, Ganjar Pranowo: Itu Kurang Lucu

"Saya tahu jawabannya pasti begitu, tapi itu jawaban ideologis, yang saya maksud adalah jawaban ekologis," ungkap Rocky.

"Pulau Sulawesi dikenal dengan garis Wallacea. Alfred Russel Wallace 1858, menulis satu prinsip bahwa Sulawesi itu bukan bagian Indonesia, dia bagian Australia, secara ekologis. Faunanya beda dengan di barat Kalimantan, dan itu persis lewat di selat Makassar," paparnya.

Real Count KPU Luar Negeri Capai 43,87%, Ganjar-Mahfud Unggul Sementara

Rocky memaparkan, secara ideologi, wilayah di Timur Indonesia, seperti Makassar, Ambon, Manado, hingga Papua adalah NKRI. Namun secara ekologis mendekati Australia. 

"Itu juga yang menerangkan, mungkin, mengapa watak-watak orang Indonesia timur dengan yang di (Indonesia) Barat. Itu yang disebut diversity. Bahwa ceplas ceplos Indonesia timur itu tidak mungkin diasuransikan pada semacam sopan santun palsu mereka yang ada di Jawa," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title