Aceh Besar Krisis Air Bersih, DPRK Eka Rizkina Turun Langsung ke Masyarakat

DPRK Aceh Besar, Eka Rizkina
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Bandung – Akibat kemarau panjang dan sumur kering, anggota DPRK Aceh Besar Eka Rizkina turun langsung ke tengah-tengah masyarakat yang terdapat krisis air bersih di sejumlah tempat di Kecamatan Hoga pada Minggu (30/6/2024).

Polisi Tetapkan 3 Tersangka Kasus Pengeroyokan yang Menewaskan Bos Rental Mobil di Pati

Dalam kunjungan tersebut, Eka Riskina turut menyalurkan air bersih untuk warga Dusun Lam U dan Kampung Keubun Ketapang. Ia juga mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan PDAM Tirta Mountala adalah mengatasi keluhan warga di sana.

Eka Rizkina menyebut sumur warga seluruh Gambung di Kecamatan Lhoknga dalam kondisi kekeringan namun sebagian besar dapat dialiri air PDAM Tirta Montala. Sementara, tiga Gampong yakni Gampong Lamcok Gampong Sebun Ketapang dan Gampong Lambaro Sebun mengalami kekeringan parah.

Viral! Oknum Kepala Desa Digerebek di Rumah Janda, Kegap Lagi Betulin Celana

"Menurut informasi warga bahwa PDM Tirta Muntala telah memasang pihanisasi sejak 2022, namun akhirnya sudah tidak mengalir sama sekali, khususnya bagi 30 kepala keluarga di Dusun Lam U. Kabarnya karena lokasinya agak tinggi jadi susah naik air," kata w

Wakil Ketua Komisi 2 DPRK Aceh Besar itu. 

Kronologi Anggota TNI Ngamuk, Tendang Kepala Warga Tak Berdaya di Deli Serdang

Atas persoalan tersebut, Eka Ristina meminta pihak terkait terutama PDM Tirta Muntala agar turun langsung ke lapangan untuk melakukan pengecekan bahwa PJ Bupati Aceh Besar langsung berinisiatif menggelar rapat dan melibatkan BPBD. Sehingga diputuskan untuk 10 hari kedepan akan dipasok air bersih menggunakan politeng secara bergiliran. 

Kendati demikian, politisi perempuan itu mengharapkan agar pihak terkait agar mencari alternatif untuk jangka panjang mengingat, adanya dugaan tertutupnya jaringan air dari pipa sehingga dapat tersambung kembali agar kebutuhan air bersih warga dapat dipenuhi. 

Halaman Selanjutnya
img_title