Menurut Lembaga Survei, RK Dinilai Lebih Kompetitif Lawan Anies di Pilgub Jakarta

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Sumber :
  • Dok. Pemprov Jabar

VIVA Bandung Dalam sebuah survei terbaru yang dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia, ditemukan dinamika menarik terkait Pilgub Jakarta 2024. 

Kala Ridwan Kamil Ditolak The Jakmania di Jakarta: Sebagai Orang Baru Saya Tahu Diri

Hasil survei tersebut mengungkapkan bahwa eks Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil atau RK, dianggap sebagai lawan yang kompetitif bagi Anies Baswedan.

Menurut Peneliti Utama dari Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, RK dianggap lebih kompetitif dibandingkan dengan Ahok dari PDIP. 

PKS Blak-Blakan Mengaku Rugi Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024, Minta Tidak Usah Memprovokasi

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Photo :
  • Viva.co.id

Meskipun pada bulan Juni 2024 RK masih berada di bawah Anies dan Ahok, namun dalam situasi head to head, RK mampu menarik dukungan dari pemilih Ahok.

Anies Disebut Bakal Buat Partai Perubahan, Begini Syarat Mendirikan Parpol di Indonesia

Dalam presentasinya, Prof. Burhan menjelaskan bahwa dalam simulasi antara Anies dan RK, terjadi peningkatan signifikan dalam dukungan pemilih Ahok yang beralih ke RK.

"Kalau misalnya yang kita zoom in Anies versus Ridwan Kamil, suara pemilih Ahok cenderung lari ke RK, 20%. Suara RK awalnya 18,9% (dalam simulasi tiga nama), langsung melonjak 38,8% (ketika head to head dengan Anies)," kata Prof Burhan, sapaan akrabnya, dalam paparannya secara daring, Kamis, 25 Juli 2024. 

Halaman Selanjutnya
img_title