Effendi Simbolon Bersumpah Tak Pernah 'Labeli' TNI Gerombolan

Effendi Simbolon
Sumber :
  • Istimewa

Bandung – Anggota Komisi I DPR RI, Effendi Simbolon bersumpah tidak ada niat untuk menjelekkan atau menjatuhkan marwah institusi TNI atas pernyataannya mengenai 'TNI kaya gerombolan' saat rapat kerja pada Senin, 5 September 2022.

Habib Bahar Ungkap Hikmah Kemenangan Prabowo-Gibran: Akhirnya PDIP Nyungsep

Effendi menyampaikan pernyataannya itu saat Anggota Komisi I DPR rapat kerja dan anggaran tahun 2023 dengan Kementerian Pertahanan, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan para Kepala Staf Angkatan TNI.

"Demi Allah, Demi Tuhan, saya tidak pernah menjudge sebagaimana yang beredar," kata Effendi di Ruang Fraksi PDI Perjuangan Gedung DPR pada Rabu, 14 September 2022.

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar Senang PDIP Nyungsep di 2024

Apalagi, Effendi mengaku juga bagian keluarga besar dari Tentara Nasional Indonesia. Sehingga, ia ingin menegakkan dan mencintai TNI itu sesuai dengan tupoksinya.

"Saya berharap kita mencintai TNI itu tidak dengan kemudian juga kurangi hormat, mungkin ada hal-hal kurang pas ditubuh TNI sendiri. Saya sendiri juga bagian keluarga besar dari TNI," ujarnya.

Dewan Kehormatan PDIP Sebut Gibran Rakabuming Raka Sudah Keluar dari Partai

Politikus PDIP itu mengklarifikasi konteks pernyataannya ‘TNI kayak gerombolan’, saat rapat bersama Panglima TNI beberapa waktu lalu. Effendi menuturkan bahwa pernyataan tersebut tidak bermaksud men-stigma TNI sebagai gerombolan, tetapi dalam konteks soal kepatuhan kepada pimpinan.

"Yang sejatinya, sejujurnya saya tidak pernah menstigmakan TNI itu gerombolan tetapi lebih kepada, kalau tidak ada kepatuhan, kalau tidak ada kemudian harmoni dan seterusnya, itu seperti gerombolan, seperti ormas," kata Effendi saat konferensi pers di Ruang Fraksi PDIP, Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 14 September 2022.

Halaman Selanjutnya
img_title