Relawan Yakin Demokrat dan PKS Nyusul NasDem Deklarasi Anies Capres

AHY dan Anies Baswedan
Sumber :
  • instagram Andi Mallarangeng

BANDUNG – Pendeklarasian Anies Baswedan sebagai calon Presiden dalam Pilpres 2024 telah dilakukan Partai Nasdem Pada hari Senin 3 Oktober 2022 lalu. Namun NasDem tak bisa sendirian untuk resmi mendaftarkan Anies sebagai Calon Presiden ke KPU karena belum mencukupi ambang batas pencalonan Presiden atau Presidential Threshold.

Peneliti BRIN Sebut Oposisi akan Lemah di Pemerintahan Prabowo-Gibran, Tinggal PKS dan PDIP

NasDem masih perlu membangun koalisi dengan partai lain. Saat ini dua Partai yang digadang-gadang akan bergabung dengan NasDem mengusung Anies Baswedan adalah Partai Demokrat (PD) dan PKS.

Relawan pendukung Anies yang tergabung dalam Majelis Warga meyakini bahwa dua partai lain, yakni PKS dan Demokrat akan segera mengikuti jejak Nasdem mendeklarasikan Anies. Mereka yakin bahwa PKS dan PD sedang ’mencari hari baik’ untuk mencapreskan Anies.

Pasca Putusan MK, Gibran Ucapkan Terimkasih ke Anies dan Ganjar Soal Ini

Surya Paloh mengusung Anies Baswedan jadi capres 2024

Photo :
  • VIVA / Yeni Lestari

"Dugaan kami, PKS dan Demokrat akan segera mengikuti. Tanda-tandanya semakin jelas, bahkan hari ini, meskipun baru di level Provinsi, PKS DIY mendeklarasikan dukungan ke Pak Anies," ujar juru bicara Majelis Warga yang juga aktivis pemuda asal Jawa Tengah, Azmi Majid, Kamis, 6 Oktober 2022.

MK Tolak Seluruh Gugatan AMIN, Surya Paloh: Perjuangan Tidak Boleh Berhenti

Selain dari tiga partai yang disebut-sebut bakal berkoalisi itu, Majelis Warga menangkap fenomena arus bawah dari kelompok-kelompok masyarakat yang sangat kuat mendukung Anies. Azmi memprediksi, gelombang deklarasi juga bakal dilakukan berbagai komunitas di daerah, bahkan hingga di tingkat desa dan kelurahan.

"Laporan teman-teman pegiat Majelis Warga dari berbagai wilayah menyebutkan, aspirasi akar rumput cenderung ke Pak Anies. Deklarasi pencapresan Nasdem membuat mereka lebih terbuka lagi dalam mengekspresikan dukungan ke Pak Anies," jelas Azmi.

Halaman Selanjutnya
img_title