Airlangga-Puan Akrab, PDIP Berpeluang Gabung KIB

Airlangga Hartarto dan Puan Maharani
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Edwin Firdaus

BANDUNG – Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Sabtu, 8 Oktober 2022. Kedua politikus itu bertemu dengan konsep olahraga bersama di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

PAN Yakin PDIP Bakal Gabung Koalisi Prabowo, Ketua DPP PAN Beri Alasannya

Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Indonesian Presidential Studies (IPS), Nyarwi Ahmad menganalisa kedekatan Airlangga dan Puan memungkinkan sikap politik PDIP. Dia memprediksi terbuka peluang Golkar menarik PDIP untuk bergabung ke dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Nyarwi menyampaikan demikian karena PAN dan PPP yang merupakan anggota KIB tak memiliki masalah dengan PDIP. Pun, tiga parpol itu bersama PDIP merupakan partai koalisi pendukung pemerintahan Jokowi. 

Kata Presiden Jokowi Usai Tak Diundang Pada Rakernas PDIP ke-V

Airlangga Hartarto dan Puan Maharani

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dia melanjutkan, Golkar juga memiliki kesamaan sebagai partai nasionalis dengan PDIP. Selain itu, baik Golkar maupun PDIP sering memakai narasi besar memperkokoh semangat gotong royong, kebangsaan dan melanjutkan agenda pembangunan.

Ahok Masuk Bursa Kandidat Calon Gubernur Jakarta 2024 dari PDI-P

"(Jadi) kedua partai ini pada dasarnya banyak memiliki kesamaan. Kalau melihat hal ini, maka peluang koalisi Mbak Puan dan Pak Airlangga sebenarnya hanya tinggal menunggu waktu saja," kata Nyarwi dikutip pada Sabtu, 8 Oktober 2022.

Nyarwi juga menilai Puan dan Airlangga punya hubungan baik. Puan dan Airlangga sama-sama sosok yang pernah menjadi menteri koordinator di kabinet Jokowi. Bahkan, Airlangga saat ini masih menjabat sebagai Menko Perekonomian.

Halaman Selanjutnya
img_title