Kisah Sedih Pelari Tercepat Asal Indonesia Jual Aset demi Bertahan Hidup

Mardi Lestari
Sumber :

Viva Bandung – Nama Afdiharto Mardi Lestari barangkali sudah tidak asing bagi pencinta olahraga tahun 80-an. Dia adalah andalan Indonesia untuk meraih pedali pada ajang insternasional cabang atletik.

Pelatih Red Sparks Akui Keunggulan Megawati Hingga Jadi Primadona di Liga Voli Korea Selatan

Afdiharto Mardi Lestari lahir di Binjai, 1 Juli 1968. Dia pernah memegang rekor sebagai pelari tercepat Asia yang berasal dari Indonesia.

Dia mengalahkan pelari asal Tiongkok, Li Tao dengan catatan waktu 10,20 detik. Mardi Lestari juga mendapatkan gelar ini selama 20 tahun.

Timnas Indonesia Diminta Jaga Tradisi Kemenangan di Asian Games 2023

Dia berhasil mengalahkan rekor 10,29 detik milik Purnomo Yudhi. Mardi Lestari adalah peraih medali emas SEA GAMES tahun 1989,1991, dan 1993. Catatan waktunya dibalap oleh Suryo Agung Wibowo.

Namun, sekarang Mardi lebih banyak diam di rumah yang ada di Jalan Jaya Wijaya, Binjai Selatan, Sumatera Utara.

Peresmian Supersoccer Arena Munculkan Harapan Timnas Indonesia Masuk ke Piala Dunia Wanita

Jangankan berlari, sekarang dirinya harus tertatih karena riwayat komplikasi penyakit yang dideritanya, mulai dari kelenjar getah bening, gangguan hati, hingga ginjal.

Masalahnya, Mardi tidak memiliki pekerjaan. Istrinya, Keti Retnawati mengatakan, peraih 4 medali emas SEA Games ini pensiun dini dari Bank Sumut karena sudah tidak ada penghasilan yang didapatkannya.

Halaman Selanjutnya
img_title