Kolesterol Tinggi Boleh Makan Olahan Bebek? Ini Kata Dokter

Ilustrasi kolesterol tinggi
Sumber :
  • Times of India

BANDUNG – Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati, begitu kata pepatah. Hal serupa pun patut dijalani banyak orang dalam mencegah munculnya kolesterol hingga terjadinya komplikasi berbahaya akibat pola makan yang kurang baik, salah satunya konsumsi daging bebek yang nikmat namun tinggi lemak jahat.

Waspada! 7 Sayuran Ini Bisa Memperparah Asam Urat, Penderita Wajib Hindari

Dokter spesialis gizi klinik, dr. Diana Suganda, dalam program acara Hidup Sehat tvOne, menjelaskan bahwa bagi pengidap kolesterol tinggi seharusnya mampu menjaga pola makan sehat dan seimbang, termasuk menghindari sumber makanan tinggi lemak.

Hal itu tak terkecuali bagi pencinta daging bebek namun sudah terlanjur didiagnosa kolesterol tinggi, masih bisakah mengonsumsinya?

5 Manfaat Ajaib Mandi Malam yang Jarang Diketahui

"Kalau ada kolesterolnya tetap dianjurkan tidak konsumsi bebek. Boleh bisa ayam, ikan, yang lain," kata Diana, Jumat 2 Desember 2022.

Kendati begitu, dokter Diana menyadari bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia kerap enggan menuruti prinsip tersebut meski telah dilarang dokter.

Bahaya Bromat Mengintai di Air Minum, Pemerintah Diminta Gencarkan Sosialisasi

Maka, dokter Diana pun memperbolehkan dengan batasan sepotong daging bebek, serta dengan pengolahan yang minim minyak.

"Tapi cara masak tidak digoreng. Ungkep dulu dan bumbunya ditumis, bumbu juga pastikan gunakan bahan-bahan yang bisa tangkal kolesterol. Tambah jahe, sereh, bawang merah bawang putih," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title