Penasaran Dengan Bintik Merah di Langit? Jupiter Ikut Muncul Pagi Tadi

Ilustrasi fenomena sejajar planet Jupiter
Sumber :
  • istimewa

BANDUNG – Jupiter muncul dalam fenomena astronomi langka planet sejajar pagi tadi, Jumat, 24 Juni 2022.

Bikin Merinding! Viral Video Hujan Cacing di China

Planet Jupiter atau Yupiter adalah planet terdekat kelima dari Matahari setelah Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Planet ini juga merupakan planet terbesar di Tata Surya.

Dirangkum dari laman EDUSAINSA BRIN (LAPAN), planet ini memilki bintik merah yang memukau siapapun ketika memandangnya baik saat senja atau fajar.

Asteroid Ini Sulit Dihancurkan, Bisa Mengancam Bumi

Jupiter dinamai oleh pengamat langit pada era Romawi, karena Jupiter adalah dewa pelindung bagi kerajaan Romawi, di mana mitologi ini dikaitkan dengan mitologi Yunani dengan dewa tertingginya, yakni Zeus.

Planet ini menjadi sangat penting ketika pada tahun 1610, Galileo Galilei mengarahkan teleskopnya dan mengamati empat satelit alami pertama yang mengelilingi Jupiter, menandai penemuan pertama benda langit yang mengelilingi objek selain Bumi.

NASA Klaim Temukan Planet Mirip Bumi, Punya Banyak Air

Jupiter merupakan raksasa gas dengan massa seperseribu massa Matahari dan dua setengah kali jumlah massa semua planet lain di Tata Surya. Planet ini dan raksasa gas lain di Tata Surya (yaitu Saturnus, Uranus, dan Neptunus) kadang-kadang disebut planet Jovian atau planet luar. (irv)