SMKN 4 Bogor Sukses Terapkan Pendidikan Vokasi Dilirik Industri Besar

SMK Negeri 4 Bogor
Sumber :
  • istimewa

Bandung – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Kota Bogor berhasil menerapkan pendidikan vokasi pada siswa-siswinya dalam empat program Kelas Industri hingga dilirik sejumlah industri besar luar negeri di antaranya, Jepang, China dan Korea. 

SMKN 3 Bogor Bangkitkan Karya Merancang Busana Adat Perpaduan Modern

SMKN 4 Kota Bogor yang berada di lingkungan Cabang Dinas Pendidikan (Cadisdik) Wilayah II Jawa Barat sudah sejak awal memfokuskan pada Kelas Industri, salah satunya Kelas Teknik Kendaraan Ringan (TKR). 

Tentu sebagai upaya penguatan pendidikan vokasi dan SMKN 4 Kota Bogor pun mampu menerapkan kolaborasi melalui adanya Kerjasama dengan sejumlah industri besar seperti, PT Honda, Samsung, Axio dan PT. Telkom Indonesia.

Liga Muslim Dunia Tulis Sepucuk Surat Untuk Prabowo Soal Pilpres, Isinya Tak Terduga

Hal ini disampaikan juga oleh, Kepala SMKN 4 Kota Bogor, Drs Mulya Mulprihartono,M.Si bahwa kolaborasi menjadi kunci yang dilakukan dalam mengembangkan pendidikan vokasi. 

Selain itu, menurut Mulya juga PT Honda telah melakukan sejak lama pada penguatan Kelas Teknik Kendaraan Ringan (TKR). 

Pelatih Yordania Wanti-wanti Keganasan Timnas U-23 di Bawah Asuhan Shin Tae-young

"Kami sudah lama bersinergi dengan Honda yang notabene raksasa otomotif asal Jepang. Bahkan, metode pembelajaran disesuaikan dengan kurikulum industrinya," ungkap Mulya.

Kerjasama yang dilakukan dalam pelatihan dan pemagangan, tidak sedikit tenaga kependidikan yang dikirim untuk mengikuti pelatihan yang merupakan bagian dari ilmu terapan. 

Halaman Selanjutnya
img_title