Susah dan Sakit saat Berhubunan Seks? Waspada Vaginismus

Ilustrasi miss v sakit
Sumber :
  • Times of India

BANDUNG – Kegiatan seks termasuk kegiatan yang dilakukan dengan rasa nikmat dan menyenangkan. Namun ternyata, tak semua wanita merasakan hal tersebut.

Rayu Wanita Cantik Didepan Para Jemaah, Habib Bahar Bin Smith tak Tahu Malu

Banyak juga yang merasakan sakit dan perasaan tak nyaman saat berhubungan seks atau saat penetrasi, walaupun sudah "basah" dan melakukan foreplay. 

Nah, untuk para wanita yang merasakan hal tersebut, bisa jadi kamu memiliki kondisi medis bernama bernama vaginismus

Viral! Habib Bahar Ngaku Pernah Dilamar Sosok Artis Cantik, Siapa?

Hal ini tentu menyakitkan, selain untuk penderitanya, pasangan juga merasakan hal tak nyaman. Bahkan, beberapa waktu lalu, sempat viral di media sosial seorang wanita curhat ia akan diceraikan oleh sang suami karena menderita kondisi vaginismus. 

Melansir Healthline, vaginismus adalah kondisi medis yang ditandai dengan pengencangan otot-otot di sekitar vagina secara tidak sadar. Kondisi ini terjadi ketika adanya penetrasi seksual pada vagina. Hal ini merupakan reaksi otomatis tubuh terhadap rasa takut dari beberapa atau semua jenis penetrasi pada vagina yang mungkin setiap kali terjadi.

Tips Mudah Merawat Baju Shimmer Supaya Makin Awet, Lebaran Makin PD

Gangguan ini dapat menyebabkan kejang otot, nyeri, hingga penghentian pernapasan sementara. Kelompok otot yang paling rentan terkena gangguan ini adalah pubococcygeus muscle group. Otot-otot ini berguna untuk mengontrol buang air kecil, berhubungan seks, orgasme, buang air besar, hingga melahirkan.

Kondisi ini bisa jadi penyebab hubungan seksual menjadi menyakitkan. Saat pasangan ingin melakukan penetrasi, otot vagina secara tidak sadar akan mengencang dan penis seperti 'terjepit' tak bisa masuk. Wanita pun akan merasa kesakitan.

Halaman Selanjutnya
img_title