Segini Takaran Kopi untuk Cegah Diabetes, Hasil Studi

Ilustrasi kopi
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Lebih dari puluhan juta orang di dunia terkait dengan diabetes, demikian menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Meski begitu, sebenarnya ada cara paling sederhana dalam menghindari penyakit kronis ini yang bisa didapatkan dari aktivitas sehari-hari.

5 Manfaat Ajaib Mandi Malam yang Jarang Diketahui

Tak sedikit dari kita memiliki teman atau kerabat yang mengidap diabetes lantaran penyakit tersebut seolah menyebar bak wabah. Terlebih jika anggota keluarga Anda terkena diabetes, maka kemungkinan besar risiko diabetes pun mengintai melalui genetika. Namun studi baru mengungkap, konsumsi secangkir kopi ampuh cegah risiko diabetes tersebut.

Dikutip dari Eat This, Senin 28 November 2022, studi yang dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition, mengamati 4.522 partisipan wanita yang memiliki riwayat diabetes melitus gestasional (GDM). Relawan tersebut diamati dari 1991–2017, pemeriksaan dilakukan setiap dua hingga empat tahun untuk mencatat berbagai faktor seperti kebiasaan gaya hidup, pola makan, termasuk konsumsi kopi berkafein dan tanpa kafein, demografi, dan penyakit. 

Generasi Muda Usia 25-35 Tahun Rentan Terkena Diabetes dan Cuci Darah, Ini Penjelasan dr. Tirta

Selain itu, sampel darah diambil dari peserta yang tidak menderita diabetes antara 2012-2014 dan dianalisis untuk biomarker metabolisme glukosa. Selama penelitian, ditemukan bahwa 979 peserta mengidap diabetes tipe 2. Hasilnya juga menunjukkan bahwa minum kopi berkafein secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2.

"Studi ini menarik dan penting karena menunjukkan bahwa kopi dapat berdampak positif pada kehidupan wanita, yang lebih mungkin mengembangkan diabetes tipe 2," kata Amber Dixon, CEO, ahli diet, dan perawat geriatri di Elderly Assist Inc.

Bahaya Bromat Mengintai di Air Minum, Pemerintah Diminta Gencarkan Sosialisasi

"Ada kemungkinan kafein memiliki efek yang berbeda pada wanita daripada pria, yang masuk akal mengingat temuan penelitian ini," sambungnya.

Bahan aktif dalam kopi adalah kafein, stimulan yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Ini karena kafein memblokir reseptor adenosin di otak, yang menurunkan kadar insulin dan meningkatkan penyerapan glukosa. Itulah alasan kopi berkafein berpotensi membantu mencegah diabetes.

Halaman Selanjutnya
img_title