Kenali Tanda Awal Kolesterol Tinggi

Ilustrasi kolesterol tinggi
Sumber :
  • Times of India

BANDUNG – Kolesterol tinggi disebut sebagai silent killer atau pembunuh senyap, jika tidak terdeteksi dan ditangani tepat waktu, kondisi ini bisa memicu masalah kesehatan serius seperti penyakit jantung.

Tips Mudah Merawat Baju Shimmer Supaya Makin Awet, Lebaran Makin PD

Sayangnya, kolesterol tinggi tidak selalu menampakkan diri dan memunculkan tanda, yang menyebabkan baru terdeteksi ketika kondisinya sudah memburuk.

Saat ada terlalu banyak kolesterol di dalam darah Anda, kolesterol akan berakumulasi di pembuluh darah dan menyebabkan beberapa sinyal tubuh yang tidak boleh diabaikan. Salah satu tandanya bisa menyerang kaki.

Tren Baju Shimmer Lebaran 2024, Ini Tips Mudah Merawat Supaya Tidak Sobek

Kolesterol tinggi yang tidak ditangani bisa menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah. Plak terbuat dari kolesterol dan senyawa lemak lainnya, dan penumpukannya di pembuluh darah bisa membuat pembuluh darah menyepit.

Pembuluh darah yang tersumbat bisa mengganggu kelancaran aliran darah ke berbagai bagian tubuh Anda, memicu tanda pertama yang bisa dikenali, sering terlihat pada kaki. Ini disebut dengan penyakit pembuluh darah perifer atau peripheral artery disease (PAD).

Cara Dapat Saldo DANA Gratis Jutaan Ribu, Tanpa Syarat Apapun!

Kejang kaki atau kram kemungkinan besar menjadi gejala pertama dari penyakit ini. Hal tersebut terjadi karena kontraksi otot yang tidak disengaja ata gerakan konvulsif yang tiba-tiba.

Kondisi ini terasa seperti otot yang mengencang yang sangat tidak nyaman dan sakit. PAD bisa juga muncul dengan klaudikasio intermiten, yaitu sakit dan ketidaknyamanan di otot kaki yang terjadi saat Anda aktif dan berhenti saat beristirahat. Ini biasanya disebabkan oleh masalah aliran darah, yang bisa merupakan akibat dari pembuluh darah yang tersumbat arteri.

Halaman Selanjutnya
img_title