Khasiat Madu Bantu Stabilkan Gula Darah dan Kolesterol

Ilustrasi madu
Sumber :

BANDUNG – Madu bisa membuat segalanya lebih enak. Dari mengolah sajian berbahan dasar ayam dan ikan, hingga roti dan makanan penutup, dan bahkan jika Anda hanya ingin sesendok suguhan manis. Terkini, penelitian baru menemukan bahwa madu juga dapat memperbaiki kadar gula darah dan kolesterol.

Tips Mudah Merawat Baju Shimmer Supaya Makin Awet, Lebaran Makin PD

Madu dianggap bebas gula dan dinilai lebih sehat dibanding gula pasir dan pemanis lain. Pada dasarnya, madu termasuk sebagai salah satu jenis gula yang dapat ditambahkan ke makanan atau minuman, meski memang manfaat madu lebih tinggi dibanding jenis gula lainnya.

Dikutip dari laman Eat This, Kamis 1 Desember 2022, para peneliti dari University of Toronto, yang temuannya baru-baru ini dipublikasikan di Nutrition Review, menentukan efek madu terhadap faktor risiko kardiometabolik. Peneliti melakukan tinjauan sistematis dan meta-analisis, berfokus pada 18 uji coba terkontrol yang melibatkan lebih dari 1.100 peserta dan berlangsung selama rata-rata dua bulan.

Tren Baju Shimmer Lebaran 2024, Ini Tips Mudah Merawat Supaya Tidak Sobek

=Dikutip dari laman Eat This, Kamis 1 Desember 2022, para peneliti dari University of Toronto, yang temuannya baru-baru ini dipublikasikan di Nutrition Review, menentukan efek madu terhadap faktor risiko kardiometabolik. Peneliti melakukan tinjauan sistematis dan meta-analisis, berfokus pada 18 uji coba terkontrol yang melibatkan lebih dari 1.100 peserta dan berlangsung selama rata-rata dua bulan.

"Hasil ini mengejutkan, karena madu mengandung sekitar 80 persen gula," kata Tauseef Khan, seorang peneliti senior pada studi tersebut dan rekan peneliti dalam ilmu nutrisi di Fakultas Kedokteran Universitas Temerty Toronto.

Cara Dapat Saldo DANA Gratis Jutaan Ribu, Tanpa Syarat Apapun!

"Tapi madu juga merupakan komposisi kompleks gula umum dan langka, protein, asam organik, dan senyawa bioaktif lainnya yang sangat mungkin memiliki manfaat kesehatan," tambahnya.

Catherine Gervacio, ahli diet terdaftar dan kontributor Living Fit, mengatakan bahwa madu sangat kaya akan antioksidan untuk kesehatan kardiometabolik. Mengenai alasan madu dapat membantu kadar gula darah dan kolesterol, Gervacio mengungkapkan madu mengandung flavonoid dan senyawa fenolik.

Halaman Selanjutnya
img_title