Kanker Jadi Penyebab Utama Kematian Kedua Tertinggi di Indonesia

Ilustrasi kanker
Ilustrasi kanker
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Menurut WHO, kanker adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, menurut Profil Kesehatan Indonesia 2021, total kasus kanker mencapai 2.595.520 dengan beragam stadium hingga komplikasi yang dapat membebani biaya perawatan di rumah sakit.

"Kanker merupakan salah satu masalah kesehatan terbesar di Indonesia dan menjadi penyebab kematian tertinggi kedua setelah penyakit kardiovaskuler,' ujar Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Medan, dr. Surya Syahputra Pulungan,M.Kes, dalam keterangan pers Murni Teguh Hospitals dan Elekta Indonesia.

Pada 2019, angka kejadian penyakit kanker di Indonesia berada pada urutan 8 se-Asia Tenggara. Hal tersebut membuat kasus kematian akan semakin meningkat akibat kanker yang sebenarnya bisa dicegah.

"Padahal, 43 persen kematian akibat kanker tidak akan terjadi apabila pasien rutin melakukan deteksi dini dan menghindari faktor risiko penyebab kanker," tutur Surya.

Saat ini, lanjut Surya, teknologi semakin berkembang pesat, terutama terkait penanganan kanker. Surya merujuk pada terobosan baru dalam pelayanan onkologi yang penting untuk pasien kanker melalui kerja sama antara Murni Teguh Hospitals dan Elekta Indonesia dengan hadirnya teknologi terdepan dalam radioterapi.

Terapi radiasi tersebut adalah pengobatan kanker yang menggunakan energi bertarget dosis tinggi untuk membunuh sel kanker dan mengecilkan tumor. Terapi radiasi paling sering menggunakan sinar-X maupun radioaktif serta partikel berenergi tinggi lainnya. 

"Kami juga berharap masyarakat tidak perlu lagi berobat ke luar negeri untuk mendapatkan perawatan yang berkualitas karena layanan terbaik sudah tersedia di Indonesia," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
img_title