Dokter Ungkap Dampak Buruk Minum Susu Sebelum Tidur

Ilustrasi susu
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Susu merupakan salah satu sumber protein terpenting dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, minuman ini telah menjadi perdebatan dalam beberapa dekade terakhir. 

Gak Nyangka! Begini Kisah di Balik Mualafnya Dokter Tirta, Karena Sang Ayah?

Dr Palaniappan Manickam, ahli gastroenterologi yang berbasis di California, dalam unggahannya di Instagram, mengungkap alasan mengapa seseorang tidak boleh minum susu sebelum tidur.

Dalam video pendek yang diunggah, dia mengatakan, orang yang berusia di atas 30 tahun, tidak dapat mentolerir susu karena kekurangan enzim laktase.

Gawat! Persib Bandung Alami Hal Buruk saat Game Internal, Ini Reaksi Bojan Hodak

"Ada enzim yang disebut enzim laktase di usus kecil yang memecah laktosa dalam susu menjadi molekul yang lebih kecil seperti glukosa dan galaktosa serta mudah diserap," kata dia dalam video yang diunggah, dilansir India Today, Selasa 27 Desember 2022. 

Dr Palaniappan Manickam lebih lanjut menjelaskan, bayi memiliki enzim laktase dalam tubuh yang membantu mereka mencerna susu dengan sangat mudah. Namun, mulai usia di atas 5 tahun, produksi laktase dalam tubuh terus menurun. 

Ada Masalah dengan Asam Lambung? Berikut 5 Manfaat Puasa untuk Penderita GERD

Sekitar usia 30 tahun, produksi laktase bahkan nol. Tanpa enzim laktase, susu langsung mencapai usus besar dan bakteri yang ada dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Ia berpesan, seseorang tidak boleh minum susu sebelum tidur malam, karena masih bisa menyebabkan masalah pada pencernaan.

"Bahkan jika Anda tidak memiliki masalah pencernaan, jangan minum susu sebelum tidur, karena penyakit akan berputar di sekitar lemak perut Anda," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title