Menarik, Ternyata Begini Asal Usul Lesung Pipit

Shin Min Ah dan Kim Seon Ho
Sumber :
  • Soompi

VIVA Bandung – Dalam beberapa budaya, lesung pipit dipandang sebagai tanda kecantikan atau bahkan keberuntungan. Tapi, apa yang menyebabkan lesung pipit, dan mengapa sebagian orang memilikinya sementara yang lain tidak?

Pengakuan Tak Terduga Soal Ajudan Prabowo, Nikita Mirzani Alami Kesakitan di Bagian Ini

Lesung pipit adalah lekukan kecil alami di kulit. Sekitar 1 dari 5 orang memiliki lesung pipit, menurut meta-analisis tahun 2019 di The Journal of Craniofacial Surgery. Mereka umumnya ditemukan di pipi tetapi dapat ditemukan di bagian tubuh lainnya, seperti dagu dan punggung bawah.

Bagian ini dibentuk oleh variasi anatomi otot wajah yang disebut zygomaticus mayor (ZMj). ZMj menarik mulut ke atas dan ke bawah, menciptakan ekspresi wajah senang atau sakit dan segala sesuatu di antaranya, mengutip dari laman Live Science, Senin, 20 Februari 2023.

7 Tips Cantik Bikin Kulit Sehat Sekaligus Glowing di Bulan Ramadhan

Namun, pada orang dengan lesung pipit, zygomaticus mayor terbagi menjadi dua kelompok otot, satu di atas sudut mulut dan yang lainnya di bawah. Ini disebut ZMj ganda atau bifid. Saat kulit bergerak di atas dua kelompok otot, itu membentuk lekukan atau dikenal sebagai lesung pipit. 

Lesung pipit diwariskan secara genetik, meskipun bagaimana caranya tidak sepenuhnya jelas. Menurut review tahun 2015 di Innovative Journal of Medical and Health Science, orang dengan satu orang tua berlesung pipit memiliki peluang 25 persen hingga 50 persen untuk memiliki lekukan. Sedangkan orang dengan dua orang tua berlesung pipit memiliki peluang 50 persen hingga 100 persen.

Berobat ke Luar Negeri, Ini Perubahan Wajah Kartika Putri Usai Dikabarkan Melepuh

"Masalah genetika pada lesung pipit telah diteliti dengan buruk hingga saat ini, dengan sangat sedikit pekerjaan yang dilakukan di lapangan. Teori utama adalah bahwa pewarisan bersifat autosomal dominan, hanya satu dari sepasang gen yang diperlukan untuk mendapatkan penampilan lesung pipit dan bahwa gen ini dapat diwariskan dari ibu atau ayah," kata Ross Elledge, seorang konsultan ahli bedah mulut dan maksilofasial di Inggris.

Menurut MedilinePlus oleh Perpustakaan Kedokteran Nasional, sedikit penelitian telah dilakukan untuk mengeksplorasi genetika lesung pipit dan tidak diketahui gen mana yang mungkin terlibat.

Halaman Selanjutnya
img_title