Tanpa Harus Batalkan Puasa, Ini 7 Tips Mudik Aman dan Nyaman Sepanjang Perjalanan 

Ilustrasi Mudik Lebaran
Sumber :
  • Pixabay

VIVA BandungMudik merupakan tradisi masyarakat Indonesia untuk pindah dari daerah perkotaan kembali ke kampung halaman atau tempat asal pada saat momen tertentu. Misalnya seperti liburan, cuti, atau perayaan hari raya

Pertama dalam Sejarah, Umat Islam di Indonesia Akan Mengalami 2 Kali Ramadhan dalam 1 Tahun

Mudik sering dilakukan untuk berkumpul dengan keluarga, merayakan hari raya bersama-sama, dan menjalin silaturahmi dengan sanak saudara di kampung halaman.

Namun, perlu diingat bahwa dalam beberapa tahun terakhir, tradisi mudik Lebaran di Indonesia menjadi perhatian karena tingginya volume perjalanan yang dapat menyebabkan kemacetan, peningkatan risiko kecelakaan.

Cara Klaim Link Saldo DANA Gratis Spesial Lebaran 2024, Buruan Mumpung Masih Jutaan

Selain itu, pemudik biasanya kelelahan dalam perjalanan sehingga merasa tidak sanggup untuk menuntaskan puasa ramadhan hingga waktu berbuka puasa. Bagaimana cara mengatasinya?

Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah 7 tips mudik yang aman dan nyaman tanpa harus membatalkan puasa:

Korlantas Polri Catat 1.581 Kasus Kecelakaan Terjadi di Momen Mudik Lebaran Tahun Ini

1. Rencanakan Perjalanan dengan Matang

Sebaiknya rencanakan perjalanan mudik dengan matang, termasuk memilih waktu yang tepat, rute yang aman, dan sarana transportasi yang nyaman. Pastikan Anda memiliki jadwal perjalanan yang teratur dan mengatur waktu istirahat yang cukup untuk menjaga kondisi fisik dan kesehatan selama perjalanan.

Halaman Selanjutnya
img_title