Terlalu Banyak Makan Daging Kurban Jadi Sate atau Bakar-bakar, Potensi Kena Penyakit Ini

Ilustrasi Daging Sapi
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA Bandung – Pada momen hari raya Idul Adha berbagai hidangan olahan daging kurban dimasak, seperti membuat sate atau daging bakar. Namun meskipun sate daging rasanya begitu nikmat, ternyata ada kekhawatiran dan berpotensi terkena penyakit kanker

Dapat Kiriman Makanan Pro Israel, Zara Anak Ridwan Kamil Bangga

Sebenarnya, belum ada sebab akibat antara mengonsumsi makanan yang dimasak dengan panggangan dan terkena kanker. Tetapi, studi telah menemukan bahwa memasak langsung di atas api tanpa penghalang dapat menyebabkan munculnya karsinogen dalam daging.

Dikutip laman Columbia, Ahli Epidemiologi Kanker Mary Beth Terry, PhD, profesor epidemiologi di Sekolah Kesehatan Masyarakat Mailman Universitas Columbia dan direktur asosiasi untuk pencegahan kanker komunitas di Columbia's Herbert Pusat Kanker Komprehensif Irving mengatakan, karsinogen adalah zat, produk, atau bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker. Karsinogen tidak menjamin kanker, dan pengaruhnya berbeda-beda pada setiap orang. 

Zara Anak Ridwan Kamil Pamer Makanan Pro Israel, Bikin Netizen Jantungan

Maka dari itu, makanan yang mengandung karsinogen ini memicu risiko kanker lebih tinggi, terutama pada seseorang yang memiliki riwayat kanker.

"Jika seseorang berisiko lebih tinggi terkena kanker, risiko itu dapat meningkat dari paparan semacam ini," kata Mary Beth Terry dikutip VIVA, Rabu (28/6/2023).

Pamer Makanan Pro Israel, Anak Ridwan Kamil Kena Ulti Netizen

Saat memasak dengan api besar, terutama api terbuka, seseorang terpapar pada dua karsinogen utama yakni amina aromatik heterosiklik (HCA) dan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH). Studi menunjukkan HCA dan PAH menyebabkan perubahan DNA yang dapat meningkatkan risiko kanker.

HCA berkembang dalam daging ketika asam amino dan kreatin (protein) bereaksi terhadap panas tinggi. Waktu adalah musuh yang artinya Jumlah HCA meningkat semakin lama daging terpapar panas.

Halaman Selanjutnya
img_title