Ciuman Bikin Jerawatan? Begini Kata Dokter

Ilustrasi Bercinta.
Sumber :
  • Viva.co.id

Bandung - Berciuman merupakan nikmat tersendiri bagi setiap pasangan, selain dari nikmat, ciuman juga diketahui memiliki manfaat bagi kesehatan mental dan kehidupan pribadi anda. Namun faktanya masih banyak orang-orang yang memiliki ketakutan ketika akan berciuman, salah satunya ialah masalah kebersihan.

Gak Nyangka! Begini Kisah di Balik Mualafnya Dokter Tirta, Karena Sang Ayah?

Baik kesehatan mulut atau kulit, tidak sedikit orang yang bertanya akan masalah-masalah yang mungkin saja timbul akibat ciuman. Salah satu pertanyaannya ialah tentang berciuman bisa menyebabkan jerawat di wajah.

Ilustrasi jerawatan.

Photo :
  • Viva.co.id
Deretan Fakta dan Mitos Mengenai Radiasi HP, Bisa Menurunkan Kualitas Sperma

Menurut para ahli, meski berciuman sendiri tidak secara langsung menyebabkan jerawat, ada beberapa faktor tidak langsung yang mungkin berperan.

Kontak intim dengan kulit seseorang, terutama jika orang tersebut memiliki kulit berminyak atau rentan berjerawat, dapat menularkan bakteri atau minyak, sehingga berpotensi memperburuk masalah kulit. Selain itu, pertukaran air liur yang berlebihan selama berciuman dalam waktu lama dapat menyebabkan iritasi kulit dalam beberapa kasus.

Jelang Duel Melawan Qatar, Shin Tae-young Dapat Kabar Buruk dari Persib Bandung

Menurut Dr Monica Chahar, Kepala Dermatologis dan Direktur, Skin Decor, New Delhi, berciuman tidak menjadi faktor penyebab timbulnya jerawat di wajah. Pasalnya, jerawat bukanlah kondisi yang menular.

"Tidak, Anda tidak berjerawat setelah mencium orang yang Anda cintai. Alasan sederhana di balik hal ini adalah jerawat bukanlah kondisi yang menular. Namun mungkin ada situasi di mana Anda menyadari kulit Anda berjerawat setelah bermesraan dengan seseorang yang spesial. Jangan terburu-buru mengambil kesimpulan, bisa jadi itu merupakan reaksi terhadap salah satu produk yang dipakai pasangan Anda seperti lip balm," kata Dokter Monica, melansir Health Shots, Rabu 11 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title