Kisah Islami, Harut dan Marut Memilih Digantung Hingga Kiamat Datang

ilustrasi Malaikat Harut dan Marut
Sumber :
  • istimewa

BANDUNG – Mengulas kisah islami Harut dan Marut yang masih menjadi misteri, namun, ada yang mempercayai jika Harut dan Marut merupakan salah satu golongan dari Malaikat.

Ngeri! Tanda Awal Munculnya Imam Mahdi Sudah Dekat, Habib Umar Beri Jawaban

Namun, masih ada pendapat lain yang mengatakan, jika keduanya hanyalah seorang manusia biasa. Melansir dari muslim.or.id Harut dan Marut dalam Alquran dalam versi Israiliyyat, Harut dan Marut adalah malaikat yang dipilih untuk menjalani ujian di bumi, namun mereka justru melakukan dosa yang mendatangkan murka Allah SWT.

Harut dan Marut lalu diazab dengan cara digantung di langit Babil sampai hari kiamat datang. Kedua nama tersebut, disebutkan dalam Alquran dan dikenal dalam kisah-kisah terdahulu.

Pengakuan Balena, Selebgram yang Berobat ke Gus Samsudin: Perut Hangus dan Tertipu Minyak Panas

Selain kisah raja-raja Babilonia, juga terdapat kisah lainnya dari kota Babel ini. Dalam Alquran, nama Babel diabadikan dalam salah satu ayat surah Albaqarah ayat 102.

"Tetapi, setan-setan itulah yang kafir (mengerjakan sihir). Mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat di negeri Babil, yaitu Harut dan Marut, sedangkan keduanya tidak mengajarkan (sesuatu) kepada seorang pun sebelum mengatakan, ‘Sesungguhnya, kami hanya cobaan (bagimu). Sebab itu, janganlah kamu kafir.’ Maka, mereka mempelajari dari kedua malaikat itu apa yang dengan sihir itu, mereka dapat menceraikan antara seorang (suami) dan istrinya."

Palestina Merdeka Pertanda Akan Kiamat? Begini Penjelasannya

Kaum Yahudi berpendapat, jika nama Harut dan Marut adalah dua malaikat yang disebut dalam ayat di atas, mereka adalah istilah dari Jibril dan Mikail.  Dalam pandangan mereka, keduanyalah yang mengajarkan sihir kepada Sulaiman.

Harut dan Marut adalah Malaikat

Halaman Selanjutnya
img_title