Covid-19 dan Cacar Monyet Belum Usai, Kini Muncul Flu Tomat

Flu tomat
Sumber :
  • Times of India

BANDUNG – Di tengah pandemi Covid-19 yang belum usai dan cacar monyet di dunia. Baru-baru ini publik tengah waspada dengan virus baru yang menginfeksi sejumlah anak-anak di India. 

Berikut Durasi Tidur yang Ideal, Pentingnya Tidur yang Cukup untuk Mental Sehat

Menurut laporan, virus itu disebut flu tomat. Varian flu ini pertama kali diidentifikasi pada Mei lalu, hingga saat ini tercatat sudah ada 82 anak berusia di bawah lima tahun telah terjangkit penyakit tersebut.

"Sama seperti kita berurusan dengan kemungkinan munculnya gelombang keempat Covid-19, virus baru yang dikenal sebagai flu tomat, atau demam tomat, telah muncul di India di negara bagian Kerala pada anak-anak di bawah 5 tahun," lapor Lancet mengutip laman Mirror.

Makan Sedikit Tapi Cepat Kenyang? Awas, Ini Tanda Bahaya Kesehatan yang Tak Boleh Diabaikan

Sementara itu, dinamakan flu tomat atau demam tomat karena ditandai dengan gejala blister atau lepuh berwarna merah yang muncul di kulit, flu tomat juga menyebabkan demam tinggi, ruam dan nyeri sendi yang hebat. Dalam beberapa kasus, virus juga dilaporkan mengubah warna kaki dan tangan, serta menyebabkan dehidrasi pada anak-anak.

Ilustrasi flu

Photo :
  • Times of India
Ada Bahaya Tersembunyi di Balik Kebiasaan Minum Saat Makan, Ini Penjelasan dr Zaidul Akbar

Sejauh ini virus tersebut dilaporkan terbatas di distrik Kollam di Kerala, India, Anchal, Aryankavu, dan Neduvathur di sekitarnya. Hingga saat ini pihak berwenang mengambil tindakan pencegahan untuk memastikan virus flu tomat ini tidak menyebar luas.

"Infeksi virus yang langka berada dalam keadaan endemik dan dianggap tidak mengancam jiwa; Namun, karena pengalaman mengerikan dari pandemi Covid-19, manajemen yang waspada diharapkan untuk mencegah wabah lebih lanjut. Anak-anak berada pada peningkatan risiko terkena flu tomat karena infeksi virus umum terjadi pada kelompok usia ini dan penyebarannya kemungkinan melalui kontak dekat," bunyi laporan tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title