Tanda Gula Darah Tinggi Lewat 3 Bau Mulut

Ilustrasi bau mulut
Sumber :
  • Freepick

BANDUNG – Diabetes ketoasidosis merupakan salah satu efek samping diabetes yang mematikan. Komplikasi diabetes ini berkembang ketika tubuh tidak memiliki cukup insulin untuk memungkinkan gula darah masuk ke sel untuk digunakan sebagai energi. 

Terungkap! Motif Epy Kusnandar Terjerumus Penyalahgunaan Narkoba

Kemudian organ hati memecah lemak untuk bahan bakar, yang menghasilkan asam yang disebut keton. Ketika banyak keton diproduksi terlalu cepat, mereka dapat menumpuk ke tingkat berbahaya dalam darah dan urine. Reaksi ini terjadi di dalam hati, yang menyebabkan darah menjadi asam.

Kondisi ini dapat menghasilkan tiga jenis utama bau napas dan ini adalah tanda dari toksisitas. Keton meninggalkan tubuh melalui napas dan keringat kita, dan menyebabkan bau ini.

Berikut Durasi Tidur yang Ideal, Pentingnya Tidur yang Cukup untuk Mental Sehat

Identifikasi Bau Terkait Diabetes

Dilansir Times of India, Selasa 13 September 2022, beberapa bau di tubuh yang dikaitkan dengan keton berlebih atau pertanda gula darah tinggi, antara lain pertama bau buah pada napas, kedua napas berbau seperti kotoran yang disebabkan oleh muntah berkepanjangan atau obstruksi usus, dan terakhir, napas berbau seperti amonia, yang biasanya terjadi pada orang yang mengalami gagal ginjal kronis. 

Makan Sedikit Tapi Cepat Kenyang? Awas, Ini Tanda Bahaya Kesehatan yang Tak Boleh Diabaikan

Orang dengan diabetes tipe 1 dapat mengembangkan ketoasidosis karena infeksi, cedera, penyakit serius, stres operasi atau dosis suntikan insulin yang hilang. 

Sementara itu, diabetes ketoasidosis lebih jarang dan parah pada orang dengan diabetes tipe 2. Namun, kondisi ini bisa dipicu oleh gula darah yang tak terkontrol dalam jangka waktu yang lama. 

Halaman Selanjutnya
img_title