Awas! Ini 7 Dampak Begadang bagi Kesehatan

Ilustrasi begadang
Sumber :
  • U-Report

BANDUNG – Tak sedikit orang yang mengabaikan dampak begadang bagi kesehatan. Memang, saat ini begadang seolah menjadi hal yang biasa. Mulai dari tuntutan pekerjaan atau hanya sekadar menjalankan gim dan bercengkerama. Meskipun tampak menyenangkan, kebiasaan ini akan menjadi akibat buruk begadang bagi kesehatan. Cukup tidur penting untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Dengan tidur, seluruh organ tubuh akan beristirahat dan beregenerasi.

Tips Mudah Merawat Baju Shimmer Supaya Makin Awet, Lebaran Makin PD

Keesokan harinya, tubuh akan kembali segar, bugar, dan siap beraktivitas. Namun, kadang kala kita memilih begadang, entah karena pekerjaan ataupun menonton acara favorit. Padahal, keesokan harinya harus kembali beraktivitas. Efek begadang tentu akan mengganggu kegiatan, misalnya mengantuk. Berbagai riset menunjukkan bahwa kebiasaan kurang tidur atau sering begadang, terutama jika waktu tidur kurang dari 6 jam, bisa membuat daya tahan tubuh melemah.

Hal ini bisa membuat tubuh Anda lebih rentan terkena infeksi bakteri dan virus, termasuk virus Corona penyebab COVID-19. Setelah mengetahui bahwa efek begadang tidak ada yang baik bagi tubuh, kini saatnya Anda berpikir lagi sebelum memutuskan untuk begadang. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan tidur minimal 7 jam setiap harinya.

Tren Baju Shimmer Lebaran 2024, Ini Tips Mudah Merawat Supaya Tidak Sobek

Jika terlalu sering begadang, ada banyak sekali dampak kesehatan yang bisa saja terjadi. Beberapa di antaranya adalah penurunan daya ingat, berat badan, kehidupan seksual, serta kesehatan. Berikut beberapa dampak begadang bagi kesehatan yang dikutip dari beberapa sumber:

1. Munculnya Penyakit Serius

Cara Dapat Saldo DANA Gratis Jutaan Ribu, Tanpa Syarat Apapun!

Seringnya begadang menyebabkan penyakit serius. Penyakit tersebut dapat dialami setelah sekian lama menjalani  begadang dengan tingkat kerutinan yang tinggi. Begadang menjadi penyebab sejumlah masalah berbahaya bagi tubuh. Beberapa penyakit yang membahayakan tubuh akibat begadang, antara lain:

- Stroke;

Halaman Selanjutnya
img_title