Ini Penyebab Penyakit Jantung pada Wanita, Berikut Cara Pencegahan

Ilustrasi serangan jantung
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Wanita lebih rentan terkena penyakit jantung daripada pria. Beberapa faktor mulai dari stres hingga keturunan memainkan peran penting dalam kesehatan wanita. 

Presiden Jokowi Tanda Tangani Aturan Baru Soal BPJS, Begini Isinya

Agar terhindar dari penyakit tersebut, sangat penting bagi wanita untuk memahami berbagai faktor risiko yang berhubungan dengan penyakit jantung dan apa saja tindakan pencegahan yang perlu dilakukan.

Berikut adalah lima faktor risiko potensial yang harus diketahui setiap wanita, yang dilansir dari laman Times of India:

Terungkap! Motif Epy Kusnandar Terjerumus Penyalahgunaan Narkoba

1. Diabetes

Diabetes mendukung terjadinya penyakit jantung pada wanita. Menurut laporan dari Harvard, meskipun wanita biasanya mengembangkan penyakit jantung sekitar 10 tahun lebih lambat daripada pria, diabetes menghapus keuntungan itu. Pada wanita yang pernah mengalami serangan jantung, diabetes menggandakan risiko serangan jantung kedua dan meningkatkan risiko gagal jantung.

Berikut Durasi Tidur yang Ideal, Pentingnya Tidur yang Cukup untuk Mental Sehat

2. Obesitas

Wanita lebih rentan terhadap obesitas daripada pria, terutama selama fase menopause. Obesitas merupakan tempat berkembang biaknya beberapa penyakit mematikan, salah satunya penyakit jantung. Sesuai laporan kesehatan, obesitas meningkatkan risiko wanita terkena penyakit jantung sebesar 64% dibandingkan pria.

Halaman Selanjutnya
img_title