6 Buah yang Efektif Turunkan Kadar Asam Urat

Ilustrasi semangka
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Aturan makan sangat dianjurkan untuk para penderita asam urat supaya jaringan sendi tetap berfungsi optimal sampai tua nanti. Bukan hanya itu, penyesuaian makanan untuk penderita asam urat juga harus dilakukan untuk mencegah terjadinya serangan nyeri yang dapat mengganggu kegiatan sehari-hari. 

Tips Mudah Merawat Baju Shimmer Supaya Makin Awet, Lebaran Makin PD

Laman Health Line mengatakan, penyebab penyakit asam urat ini adalah pembentukan kristal urat di jaringan tubuh. Kondisi tersebut biasanya terjadi di area sendi dan menghasilkan jenis arthritis yang menyakitkan. Dalam banyak kasus, penyebab asam urat juga dikenal dengan gout atau hiperurisemia yang memang tak diketahui. 

Tapi, dokter meyakini penyakit asam urat ini paling mungkin terjadi lantaran kombinasi dari faktor keturunan, hormonal, dan makanan. Sebab itu, pengaturan makanan diperlukan untuk mengendalikan penyakit asam urat. Salah satunya adalah memilih buah untuk mengobati asam urat, berikut ulasan selengkapnya yang dirangkum dari berbagai sumber. 

Tren Baju Shimmer Lebaran 2024, Ini Tips Mudah Merawat Supaya Tidak Sobek

1. Buah Ceri

Buah ceri mengandung antosianin, yaitu pigmen berwarna merah-ungu yang bersifat antioksidan dan antiinflamasi. Adapun kandungan itu terbukti bisa menurunkan kadar asam urat, meredakan nyeri sendi, dan mengurangi risiko terjadinya serangan asam urat. Efektivitasnya akan meningkat jika dikonsumsi dengan obat allopurinol atau colchicine.

Cara Dapat Saldo DANA Gratis Jutaan Ribu, Tanpa Syarat Apapun!

Menyadur dari Kidney Atlas, sejumlah penelitian memperlihatkan keefektifan buah ceri dalam mengobati asam urat. Sebuah penelitian memperlihatkan, partisipan yang mengonsumsi 10-12 ceri, baik buah segar maupun ekstrak buah termasuk jus, sampai tiga kali sehari, mengalami penurunan serangan asam urat sampai 35 persen. 

2. Semangka

Halaman Selanjutnya
img_title