Gerhana Bulan 8 November 2022, Ini Tata Cara Salat Khusuf

Ilustrasi gerhana bulan
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Khusuful Qamar atau bisa kita kenal adalah Gerhana Bulan yang diprediksi jatuh pada tanggal 8 November 2022 mendatang.

Menag Yaqut: Masyarakat Bisa Rayakan Lebaran Secara Bersama-sama

Seperti dilansir Kemenag, Jumat 4 November 2022. Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin mengungkapkan bahwa berdasarkan data astronomis Gerhana Bulan Total akan terjadi diseluruh wilayah bagian Indonesia.

"Insya Allah, pada 8 November 2022, akan terjadi Gerhana Bulan Total di seluruh wilayah Indonesia," tutur Kamaruddin Amin.

Salat Idul Fitri Hari Ini, Jemaah An Nadzir di Gowa Hitung 1 Syawal Pakai Metode Ini

Kamaruddin Amin menjelaskan lebih lanjut, Gerhana Bulan Total akan terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Bengkulu dapat dilihat pada kontak Umbra 3 (U3) pukul 18:42 WIB.

Sementara masyarakat di Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, dan Kalimantan Barat, dapat melihat GBT pada waktu puncak gerhana, yakni 17:59 WIB.

Jemaah An Nadzir di Gowa Tetapkan 1 Syawal Hari Ini, Metode Perhitungannya Pakai Aplikasi

Sedangkan wilayah Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Maluku, GBT dapat dilihat pada kontak Umbra 2 (U2) pukul 17:16 WIB/18:16 WITA/19:16 WIT.

"Masyarakat Papua dan Papua Barat dapat melihat Gerhana Bulan Total pada kontak Umbra 1 (U1) pukul 18:08 WIT," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
img_title