Mudah, Begini Cara Kenali Gejala Diabetes Cukup Ingat 3P

Ilustrasi diabetes
Sumber :
  • Instagram/diabetes_tips.ig

BANDUNG – Diabetes yang dikenal sebagai ibu dari segala penyakit, merupakan kondisi serius di mana kadar glukosa di dalam darah melonjak tinggi. Hal ini terjadi karena dua alasan, yaitu ketika tubuh tidak mampu lagi menghasilkan atau memproduksi insulin sama sekali. Bahkan, insulin yang dihasilkan oleh kelenjar pankreas tidak berfungsi efektif, sehingga tidak mampu lagi mengontrol kadar gula darah.

Tips dan Trik Mulung Koin di Tiktok, Dijamin Auto Sultan

Seseorang dengan diagnosis diabetes, mungkin menimbulkan banyak pertanyaan tentang bagaimana hal itu dapat berjalan seimbang dengan kehidupan sehari-hari. Mulai dari menenangkan perasaan, aktivitas di tempat kerja, atau bahkan saat melakukan perjalanan.

Secara umum, diabetes memiliki tiga kategori yaitu tipe 1, tipe 2, dan tipe gestasional. Pada tipe 1, tubuh kita tidak dapat memproduksi insulin sama sekali. Sedangkan tipe 2, insulin yang dihasilkan tidak efektif atau kurang. Sedangkan tipe gestasional umumnya dialami oleh wanita yang sedang mengalami kehamilan. 

Berapa sih Nilai 1 Koin? Ini Tips Kaya Mulung Uang di Tiktok Sambil Ngabuburit

Dari ketiga tipe diabetes tersebut, glukosa tidak lagi dapat masuk ke sel di tubuh kita, sehingga menumpuk di dalam darah. Akhirnya, lambat laun hal ini mengarah ke gejala diabetes. 

Spesialis penyakit dalam, dr. Jeffri Aloys Gunawan, Sp.PD, CHt, FINASIM, mengutarakan ada 3 gejala diabetes yang perlu diketahui, salah satu di antaranya adalah sering pergi ke toilet.

FYP! Cara Mulung Koin di TikTok, Dapatkan Ratusan Ribu per Hari Sambil Tiduran

"Gejala-gejalanya disebut dengan 3P.  Pertama Polifagia yaitu banyak makan, jadinya ya mudah lapar. Kedua, Polidipsia alias banyak minum jadi mudah sekali haus. Lalu, ketiga yaitu Poliuria, alias jadi banyak ke WC atau banyak pipis," ujar dr. Jeff dalam perhelatan rebranding mGanik di kanal Shopee Live bertajuk 'Kunci Sukses Melawan Diabetes Bersama mGanik,' yang digelar belum lama ini. 

"Gejala ketiga ini banyak sekali terjadi pada penderita diabetes, karena disebabkan adanya kebocoran dari urine. Jadi, ada gula yang terlalu banyak sehingga turun dan akhirnya keluar di urine," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
img_title