20 Daftar Hidangan Sajian Lebaran, Khas, Untuk Makan Bersama Keluarga

Ilustrasi Parasman, hidangan menu khas lebaran
Sumber :
  • istimewa

BANDUNG – Libur Idul Fitri menjadi momen pas untuk menyantap hidangan khas Lebaran, kekayaan kuliner di Indonesia menghasilkan beragam menu Lebaran yang berbeda di setiap daerah. Persebaran penduduk dari satu daerah ke daerah lain juga semakin meluaskan tradisi makanan Lebaran.

Bukan Karena Ceramah Politik, Untung Cahyono Ungkap Alasan Jamaah Sholat Ied Membubarkan Diri

Menu Lebaran yang Harus Ada di Hari Raya

Ada berbagai hidangan khas yang dijadikan menu Lebaran favorit banyak orang, mulai dari ketupat, rendang, sambal goreng ati, dan kentang, dan masih banyak lagi. Untuk lebih lengkapnya, simak aneka menu lebaran favorit yang tidak boleh dilewatkan di hari lebaran berikut ini:

Sempat Viral Karena Materi Khutbah Sholat Ied Bernuansa Politik, Untung Cahyono Akhirnya Minta Maaf

1. Ketupat

Ketupat atau kupat merupakan salah satu menu lebaran yang wajib ada saat di momen Lebaran di Indonesia. Saking melekatnya tradisi ketupat, hidangan ini tidak hanya ditemukan di piring makan hari raya, namun juga bentuk ketupat yang dijadikan sebagai inspirasi desain dan dekorasi menyambut Idul Fitri.

Pertama dalam Sejarah, Umat Islam di Indonesia Akan Mengalami 2 Kali Ramadhan dalam 1 Tahun

Biasanya, ketupat disantap bersama hidangan khas lebaran lainnya, seperti rendang, opor ayam, semur daging, sate ayam, dan masih banyak lagi.

2. Opor Ayam

Opor ayam merupakan masakan sejenis kari ayam yang dibuat menggunakan campuran santan dan rempah-rempah khas Indonesia lainnya, seperti kencur dan serai.

Hidangan ini merupakan salah satu menu lebaran favorit banyak orang saat sedang merayakan hari raya Idul Fitri. Biasanya, orang-orang akan menikmati opor ayam bersama ketupat yang telah dipotong-potong dan taburan bawang goreng yang gurih.

3. Semur Daging

Menu Lebaran lainnya yang terbuat dari bahan baku daging yaitu semur daging. Biasanya, masakan ini dibuat oleh keluarga yang tidak menghidangkan rendang.

Halaman Selanjutnya
img_title