Gurih dan Nikmat, Ini Resep Menu Pedas Sehat dan Rendah Kalori

Masakan Aceh
Sumber :
  • Istimewa

BANDUNG – Siapa tak suka makanan bercita rasa pedas yang menggugah selera? Lidah pun ikut bergoyang dengan rasa pedas yang kian membangkitkan selera makan. Namun, keinginan untuk menambah porsi akibat rasa pedas yang nagih seringkali tak terhindarkan sehingga berdampak buruk pada bobot tubuh.

Resep Praktis Opor Ayam Bumbu Kuning ala Chef Devina Hermawan, Cobain Yuk!

Porsi makan yang bertambah terus-menerus usai mengonsumsi menu yang pedas, bisa membuat berat badan bertambah hingga akhirnya bisa berujung pada kegemukan. Untuk itu, perlu menu pedas yang bernutrisi dan rendah kalori agar berat badan tetap aman dan ideal.

Namun sebenarnya, Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Verawati Sudarma SpGK, mengungkap bahwa makanan pedas dari cabai mengandung banyak nutrisi baik. Sebut saja, kandungan betakaroten dan vitamin C yang tinggi membuat kebutuhan nutrisi tubuh bisa terpenuhi.

Resep Mudah Opor Ayam Lebaran ala Chef Devina Hermawan, Dijamin Ketagihan

"Cabai mengandung nutrisi cukup baik. Capcaisin di cabai juga meningkatkan metabolisme, karena kadang-kadang metabolisme menurun seiring usia meningkat," tuturnya dalam acara Hidup Sehat tvOne, Jumat 16 September 2022.

Selain itu, Dokter Vera menjelaskan, cabai memiliki zat sebagai anti inflamasi sehingga mampu mengatasi berbagai peradangan di tubuh. Tak heran, zat tersebut kerap digunakan untuk obat jenis topikal dengan tujuan meredakan nyeri atau peradangan.

Ada Masalah dengan Asam Lambung? Berikut 5 Manfaat Puasa untuk Penderita GERD

"Cabai juga ada efek anti bakteri dan anti infeksi sehingga mengurangi terjadinya infeksi dari bakteri," imbuhnya.

Untuk menu sehat kali ini, bahan utamanya adalah protein hewani dari putih telur dan ayam cincang serta protein nabati dari tahu. Bahannya mudah dicari dan dengan harga terjangkau tentunya. Berikut bahan dan cara mengolahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title